Peserta Chicago Maraton

Lebih dari 800 maraton berskala internasional diselenggarakan setiap tahunnya. Namun, hanya enam yang menyandang gelar World Marathon Majors: Tokyo Marathon, Boston Marathon, London Marathon, Berlin Marathon, Chicago Marathon, dan New York City Marathon.

Gabungan event lari maraton yang dikenal sebagai "World Marathon Majors" adalah kompetisi maraton paling bergengsi dan paling dicari di dunia. Kompetisi ini diikuti oleh puluhan ribu peserta. Dari atlet amatir dan elit sama-sama bersaing untuk menyelesaikan tantangan lari 42,195 Km, dengan melintasi beberapa jalan kota paling terkenal di dunia.

Kali ini, SAC Indonesia akan merangkum beberapa informasi dari masing-masing enam event lari maraton, yang tergabung dalam World Marathon Majors. Apa saja? Berikut daftarnya: 

Baca Juga: 4 Event Marathon Paling Bergengsi di Indonesia

Baca Juga: Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat

Tokyo Marathon

Tokyo Marathon merupakan event pertama dalam kalender rutin lari maraton di dunia. Biasanya, Tokyo Marathon berlangsung pada Minggu pertama setiap Maret. 

Event ini pertama kali diselenggarakan pada 2007. Dan menjadi ajang termuda dari World Marathon Majors. Tokyo Marathon baru meraih gelar elist sebagai "salah satu maraton terbesar di dunia" itu baru pada 2012.

Rute Tokyo Marathon dimulai dari Metropolitan Government Building di Shinjuku. Para pelari juga dapat menikmati pemandangan istana kekaisaran, Tokyo Tower, Kota Tua Asakusa, dan masih banyak lagi. Garis finis dari Tokyo Marathon adalah Tokyo International Exhibition Centre. 

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Wajib Dihindari dalam Lari Maraton

Boston Marathon

Boston Marathon biasanya diadakan pada April. Kompetisi ini selalu bertepatan dengan Patriots' Day di AS.

Boston Marathon merupakan ajang maraton tahunan tertua di dunia. Pertama kali diadakan pada 1897, penyelenggaeaan Boston Marathon terinspirasi dari perlombaan maraton di Olimpiade Athena 1896.

Meskipun awalnya hanya perlombaan untuk laki-laki, Boston marathon kemudian secara resmi mengizinkan perempuan untuk berpartisipasi di ajang tersebut pada 1972.

Rute Boston Marathon dimulai di Hopkinton State Park, dan melewati sejumlah tempat wisata lokal, termasuk Ashland Clock Tower, Natick Center Cultural District, dan patung The Forever Young serta finis di Copley Square.

Baca Juga: Kenapa Jarak Lari Maraton 42 Kilometer? Begini Sejarah dan Penjelasannya

London Marathon

Tujuh rekor dunia telah dibuat di London Marathon. Salah satu kompetisi maraton paling fenomenal di dunia ini pertama kali diadakan pada 1981.

Pelari akan disuguhi beragam lokasi fenomenal di London, termasuk melewati monumen kapal Cutty Sark yang terkenal, London Eye, Big Ben, dan London Tower dengan finis perlombaan The Mall, depan Istana Buckingham.

Baca Juga: Berapakah Waktu Ideal untuk Mencapai Finish dalam Lari Maraton?

Berlin Marathon

Berlin Marathon menjadi salah satu World Marathon Majors tercepat di dunia. Sebanyak 12 rekor dunia (termasuk delapan rekor sektor putra) telah tercipta di Berlin Marathon.

Diadakan pada akhir September, Berlin Marathon merupakan kompetisi lari dengan lintasan datar dan tercepat. Kompetisi ini start dan finish di Brandenburg Gate. Perlombaan ini pertama kali diperkenalkan pada 1974.

Chicago Marathon

Chicago Marathon adalah kompetisi lari kelas dunia yang digelar sejak 1977. Kompetisi lari ini telah berkembang pesat sejak perlombaan pertamanya digelar. Saat itu, Chicago Marathon hanya diikuti oleh 4.200 pelari. Hingga saat ini, Chicago Marathon diikuti hampir 40.000 atlet amatir dan elit. 

Setiap peserta di Chicago Marathon akan disajikan beberapa panorama keindahan Kota Chicago. Rutenya melewati tiga stadion paling bersejarah di kota ini. Mulai dari Wrigley Field, United Center, hingga Guaranteed Rate Field. Seperti Berlin dan London, Chicago Marathon juga pernah menjadi saksi beberapa rekor waktu tercepat dalam sejarah. 

Baca Juga: 5 Pelari Maraton Terbaik di Dunia

New York City Marathon

New York City Marathon disebut sebagai kompetisi maraton terbesar di dunia. Pada 2022, pesertanya mencapai sekitar 50.000 orang. 

Kompetisi lari maraton ini pertama kali digelar di New York pada 1970 dan hanya diikuti oleh 127 pelari. Dari jumlah tersebut, hanya 55 pelari yang berhasil finis.

Pada 1976, rute baru kemudian diperkenalkan dalam New York City Marathon. Dengan melintasi yang kelima wilayah kota, dimulai di Staten Island dan berakhir di Central Park. New York City Marathon juga melintasi lima jembatan, mendaki bukit terjal, dan melewati beberapa situs paling ikonik di dunia. (*)

  RELATED ARTICLES