Foto by: SAC Indonesia

Lari maraton merupakan salah satu kompetisi lari paling populer di Indonesia. Banyak kompetisi lari maraton bergengsi yang digelar di Tanah Air. Kompetisi lari maraton di Indonesia biasanya melibatkan keindahan alam masing-masing kota, sesuai dengan nama kompteisi maratonnya. Ada yang bahkan tersertifikasi oleh World Athletics. 

Berikut SAC Indonesia rangkum beberapa event maraton paling bergengsi di dunia: 

1. Bali Marathon

Bali Marathon, juga dikenal sebagai Maybank Marathon atau Maybank Bali Marathon, adalah lari maraton berbasis jalan raya tahunan yang diselenggarakan di Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia. 

Kompetisi Bali Marathon yang diakui ini telah diadakan sejak 2012, meskipun sebenarnya lari maraton pertama yang diadakan secara rutin di Bali baru diresmikan pada 1999. Bali Maraton merupakan satu-satunya perlombaan maraton yang tersertifikasi World Athletics Elite Label Road Race di Indonesia dan anggota dari Association of International Marathons and Distance Races.'

Pada 2014, secara resmi bahwa  Maybank Bali Marathon juga telah memenuhi syarat sebagai official race directory Boston Marathon, yang termasuk dalam enam World Major Marathons. Sehingga, nanti pelari dengan catatan waktu tertentu dapat dipertimbangkan untuk mengikuti Boston Marathon. 

Bali Marathon juga termasuk dalam kompetisi dengan ribuan peserta. Pada 2023, kompetisi ini diikuti oleh 13.600 orang dari 50 negara. 

Baca Juga: Mengenal Enam Event Lari Marathon dalam World Marathon Majors

2. Borobudur Marathon

Borobudur Marathon adalah ajang olahraga lari maraton bergengsi yang diikuti oleh para atlet dan pelari umum dari berbagai daerah di Indonesia. Borobudur Marathon termasuk ke dalam event maraton elite yang dimiliki Indonesia. Sesuai dengan namanya, Borobudur Marathon mengharuskan pelari untuk berlari di area Candi Borobudur.

Meskipun termasuk dalam road running, rute Borobudur Marathon terdiri dari jalan beraspal dan jalan setapak. Ketinggiannya pun bervariasi, antara 1.950 mdpl hingga 2.750 mdpl. 

Borobudur Marathon dibagi dalam 3 kategori: Full Marathon Elite Race, yaitu kategori lari khusus untuk atlet elit dan pelari yang punya catatan waktu yang bagus dengan jarak 42 Km, ada juga Tilik Candi, yaitu kategori lari half marathon dengan 21km, terakhir ada Young Talent 10K, yakni lomba yang dikhususkan untuk pelari muda.

Baca Juga: Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat

3. Bandung Marathon

Bandung Marathon merupakan salah satu kompetisi lari bergengsi yang diadakan di Kota Bandung. Kompetisi Bandung Marathon terdiri dari empat kategori: lomba lari 5K, 10K, half marathon dengan jarak 21 Km dan full marathon dengan jarak 42 Km. 

Karena popularitas dan mengingat betapa bergengsinya event ini, pada penyelenggaraan musim 2023, peserta Bandung Marathon 27.000 orang dari semua kategori. 

4. Jakarta Marathon

Jakarta Marathon merupakan event lari maraton termuda dalam jajaran kompetisi lari maraton elit yang ada di Indonesia. Biasanya, Jakarta Marathon diadakan saat akhir tahun. Sehingga, kompetisi lari ini banyak diburu oleh warga Jakarta dan seluruh Indonesia. Apalagi, rute Jakarta Marathon melintasi beberapa lokasi ikonik di wilayah Jakarta. 

Mirip seperti kompetisi yang lain, Jakarta Marathon memiliki empat kategori perlombaan. Mulai dari lari 5K, 10K, half marathon dan full marathon. (*)

  RELATED ARTICLES