Mencapai catatan waktu milik Eliud Kipchoge atau Kelvin Kiptum sangatlah sulit. Namun, mendapatkan waktu lari maraton yang baik tetap menjadi motivasi besar bagi pelari. Baik yang pemula dalam lari maraton. Maupun yang telah lama bersaing dalam olahraga ini. 

Kali ini SAC Indonesia akan menunjukkan beberapa cara berbeda untuk mengetahui waktu maraton yang baik untukmu:

1. Hanya 5 Persen Pelari Teratas yang Capai Tiga Jam

Rekor dunia waktu maraton adalah 2:00:35 untuk pria dan 2:13:44 untuk wanita. Kategori pria elit cenderung mendapat skor rata-rata sekitar 2:05:00 dan perempuan elit cenderung mendapat skor sekitar 2:22:00. Namun, skor ini akan sulit dicapai jika kamu bukan pelari profesional. 

Faktanya, hanya 5 persen pelari teratas yang menyelesaikan maraton dalam waktu kurang dari tiga jam. Jadi, kecuali kamu seorang pelari profesional, tiga jam atau kurang dari waktu tersebut adalah waktu maraton yang sangat baik.

Baca Juga: Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat

2. Targetkan untuk Mencapai Catatan Waktu Rata-Rata Dunia

Cara lain untuk menentukan waktu maraton terbaik adalah dengan melihat rata-rata waktu secara global. Waktu rata-rata global untuk lari maraton adalah sekitar 4 jam 21 menit. Dengan waktu rata-rata pria adalah 4 jam 13 menit, dan wanita adalah 4 jam 42 menit. Dapat mencapai salah satu skor ini berarti peringkat waktumu di atas rata-rata.

3. Bandingkan Waktu Terbaikmu dengan Kelompok Umurmu

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menentukan waktu maraton terbaik adalah dengan fokus pada perbedaan pria atau Wanita. Lebih spesifik lagi pada kelompok usia. Banyak pelari maraton (non-elit) justru mengalami peningkatan performa seiring bertambahnya usia hingga sekitar usia 50 tahun, sebelum waktu mereka kembali melambat. 

Baca Juga: 5 Pelari Maraton Terbaik di Dunia

4. Tingkatkan Peluang untuk Mendapatkan Waktu Maraton yang Baik

Saat melakukan maraton pertama, kamu mungkin hanya berpikir untuk mencapai garis finis. Namun, dengan lebih banyak pengalaman, kamu dapat mulai menyusun rencana pelatihan untuk meningkatkan waktu secara keseluruhan.  (*)

  RELATED ARTICLES