Instagram: Chicago Marathon

Event lari maraton kini semakin populer. Boleh jadi satu dari enam kompetisi maraton elite dalam World Marathon Majors masuk dalam wish-list yang pengen kamu wujudin. Keenam kompetisi elite tersebut: Tokyo Marathon, Boston Marathon, London Marathon, Berlin Marathon, Chicago Marathon, dan New York City. 

Ada beberapa cara untuk mengikuti event lari marathon yang tergabung dalam World Marathon Majors. 

Pertama, jika kamu merupakan atlet lari jarak jauh atau maraton yang pernah mencatatkan waktu sesuai standar World Marathon Majors dalam kompetisi berlisensi World Athletics, kamu bisa menjadi salah satu peserta dengan jalur undangan. Beberapa orang menyebutnya sebagai "Invitation". 

Kedua, kamu bisa menggunakan sistem apply dengan ballot.  Namun, masing-masing kompetisi ini biasanya menggunakan syarat yang berbeda. 

Menggunakan ballot sama seperti sistem pengundian. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri secara online di masing-masing website event tersebut. Nantinya, kamu akan mendapatkan informasi lebih lanjut apakah kamu lolos atau tidak. Namun, keenam event tersebut memiliki syarat yang hampir serupa untuk sistem ballot. 

Baca Juga: Mengenal Enam Event Lari Marathon dalam World Marathon Majors

Ketiga, untuk mengikuti event-event World Marathon Majors, peserta dapat mendaftar melalui program charity, yang biasanya ditujukan langsung ke lembaga dari komite penyelenggara. 

Namun, masih ada beberapa syarat tambahan untuk mengikuti enam World Marathon Majors. Berikut SAC Indonesia rangkum beberapa ketentuan pendaftaran dari masing-masing kompetisi lari World Marathon Majors.

Berlin Marathon

Untuk mengikuti Berlin Marathon, peserta harus berusia 18 tahun ke atas dan harus berkomitmen menyelesaikan perlombaan dalam batas waktu 6 jam 15 menit. Setelah apply melalui sistem Ballot, Berlin Marathon akan memberitahu pendaftar apakah mereka lolos dalam waktu yang telah ditentukan. Pengumuman ini biasanya diumumkan melalui email.

Chicago Marathon

Untuk mengikuti Chicago Marathon, peserta harus berusia setidaknya 17 tahun dan setuju untuk menyelesaikan perlombaan dalam waktu 6 jam 30 menit. Karena jumlah pelari Chicago Marathon dibatasi, maka tidak semua pendaftar melalui sistem ballot dapat lolos mengikuti perlombaan. 

Boston Marathon

Untuk mengikuti Boston Marathon, setiap peserta wajib menepati syarat yang dibuat oleh Boston Athletic Associaton. Peserta setidaknya berusia 18 tahun dan harus menyelesaikan perlombaan maraton yang sudah berlisensi World Athletics. Penilaian ini akan dilihat sesuai dengan kelompok umur. Maksimal waktu yang diterima adalah 5 jam 20 menit. 

London Marathon

Untuk mengikuti London Marathon, pelari setidaknya harus berusia 18 tahun. Kemudian, pelari harus menyelesaikan rute setidaknya 6 jam 35 menit. Selain itu, peserta akan dikenakan biaya administrasi. Untuk peserta internasional biasanya memiliki persyaratan khusus dibandingkan peserta dari Inggris. 

Tokyo Marathon

Untuk mengikuti Tokyo Marathon, kalian setidaknya harus berusia 19 tahun dalam sistem ballot. Nantinya, kalia biasa masuk dalam ketiga kategori: General Entry, Semi-Elite Athletes atau Elite Athletes. Jika kalian masuk dalam General Entry, kalian wajib menyelesaikan perlombaan dalam waktu 6 jam 30 menit. 

New York City Marathon

Untuk mengikuti New York City Marathon, peserta setidaknya harus berusia kurang dari 19 tahun.  Dan harus mematuhi beberapa peraturan di New York City Marathon. (*)

  RELATED ARTICLES