Eliud Kapchoge (AFP)

Lari maraton adalah salah satu kompetisi olahraga lari paling populer di dunia. Kompetisi lari maraton bahkan bisa diikuti oleh puluhan ribu peserta dalam satu waktu. Hal ini dikarenakan lari maraton merupakan salah satu lomba yang tidak banyak meminta persyaratan dan kebutuhan lomba. Biasanya, lari maraton juga dilakukan di jalanan umum atau ruang terbuka. 

Meskipun begitu, lari maraton dinilai sebagai salah satu perlombaan lari paling bergengsi. Bahkan, terdapat pencatatan rekor dan penamaan atlet lari maraton terbaik di dunia. Siapa saja mereka? Berikut adalah lima pelari maraton terbaik di dunia. 

1. Eliud Kipchoge

Eliud Kipchoge adalah pelari jarak jauh asal Kenya yang sangat terkenal dalam perlombaan lari maraton. Sebelumnya, Kipchoge juga berspesialisasi pada lari jarak jauh 5000 meter. Dianggap sebagai pelari maraton terhebat sepanjang masa, Kipchoge adalah juara maraton Olimpiade 2016 dan 2020. Atlet berusia 38 tahun itu saat ini juga memegang rekor dunia dalam maraton dengan catatan waktu 2:01:09 yang ia peroleh di Berlin Marathon 2022.

Baca Juga: Mengenal Eliud Kipchoge, Pelari Maraton Terbaik di Dunia

2. Abebe Bikila

Shambel Abebe Bikila adalah seorang pelari Ethiopia yang merupakan juara maraton Olimpiade berturut-turut. Dia adalah peraih medali emas Olimpiade Ethiopia pertama. Pada 1960, nama Bikila melambung tinggi dalam Olimpiade Roma karena ia berkompetisi tanpa alas kaki. 

Pada Olimpiade Tokyo 1964, Bikila memenangkan medali emas keduanya. Kemudian, ia menjadi atlet pertama yang berhasil mempertahankan gelar maraton Olimpiade. Dalam kedua kemenangan tersebut, dia memecahkan rekor waktu maraton dunia. Bikila wafat pada 1973 karena kecelakaan mobil, namun warisan dan kehebatannya masih dikenang hingga saat ini. 

Baca Juga: Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat

3. Waldemar Cierpinski

Waldemar Cierpinski lahir pada 1945. Dia awalnya seorang pelari halang rintang yang sukses tetapi memutuskan untuk beralih ke maraton pada tahun 1974.

Cierprinski memenangkan emas Olimpiade pada tahun 1976 dan 1980. Dia juga menduduki peringkat #1 dalam maraton pada tahun 1976 dan 1980 dan memperoleh gelar sebagai Olahragawan Terbaik Jerman Timur dalam kurun waktu itu.

4. Samuel Kamau Wanjiru

Samuel Kamau Wanjiru adalah seorang pelari jarak jauh Kenya yang memenangkan lari maraton dalam Olimpiade Beijing 2008. Saat itu, catatan waktunya adalah 2:06:32. Ia menjadi orang Kenya pertama yang memenangkan emas Olimpiade dalam maraton. Dan menjadi peraih medali emas termuda di maraton sejak 1932.

Pada tahun 2011, Samuel Wanjiru meninggal setelah jatuh dari balkon rumahnya di Nyahururu, menyusul perselisihan kasus rumah tangga. 

5. Gezahegne Abera

Gezahegne Abera adalah seorang atlet Ethiopia, pemenang perlombaan maraton di Olimpiade Musim Panas 2000.

Kompetisi internasional pertama Gezahegne adalah Los Angeles Marathon 1999, di mana dia finis di posisi keempat. Berkat hasil itu, Abera mendapat tempat di tim World Athletics Championships tahun 1999 Ethiopia, di mana Abera finis kesebelas. Catatan waktu terbaiknya 2:07:54. (*)

  RELATED ARTICLES