Benson Kipruto finish dalam Tokyo Marathon 2024 (AFP)

Selama 17 tahun terakhir, Tokyo Marathon telak menarik perhatian banyak pihak. Bukan hanya partisipasi dalam negeri, melainkan internasional.

Tokyo, yang telah menyelenggarakan kompetisi lari massal ke-17 akhir pekan lalu, kini menjadi kota maraton besar ke-6 di seluruh dunia: selain New York, Chicago, Boston, London, dan Berlin. 

Namun, kalian penasaran nggak sih apa yang membuat lari di Tokyo Marathon begitu unik, menarik ratusan ribu peserta setiap tahunnya? Berikut SAC Indonesia rangkum deretan fakta menarik soal Tokyo Marathon. 

Baca Juga: Cara Mengikuti Enam Event Lari Marathon dalam World Marathon Majors

1. Sistem Organisasi Kelas Dunia

Kompetisi lari maraton Jepang terkenal apik dan efisien. Itu karena kompetisi tersebut digarap dengan serius. Termasuk Tokyo Marathon. 

Lebih dari 10.000 sukarelawan berusia antara 15 hingga 91 tahun berpartisipasi untuk mengejarkan Tokyo Marathon. Artinya, kompetisi ini telah menjadi budaya rutin untuk warga setempat. 

Tokyo Marathon juga terkenal karena sistem kepanitiaannya yang rapi. Salah satu yang diapresiasi adalah jajaran helper kompetisi tersebut.  

Helper di Tokyo Marathon dapat diidentifikasi dengan jelas melalui kode warna jaketnya yang serasi (kuning untuk course marshall, biru untuk kebutuhan air, oranye untuk minuman energi, abu-abu untuk kebutuhan tambahan).

2. Disambut oleh Seluruh Penduduk Kota

Satu hal yang menonjol dari lari maraton di Tokyo adalah atmosfer lokalnya yang unik. Kompetisi ini bukan hanya menarik ribuan peserta setiap tahunnya. Tetapi juga penonton. Meskipun hujan, pendukung Tokyo Marathon tetap datang untuk bersorak sorai sepanjang jalan.

Hebatnya, hampir 2 juta penonton (sekitar 15 persen dari populasi Tokyo) berjejer di jalan untuk menonton Tokyo Marathon. Artinya, meskipun kamu seorang pemula atau profesional berpengalaman, tetap akan mendapatkan dukungan serupa. 

Baca Juga: Mengenal Enam Event Lari Marathon dalam World Marathon Majors

3. Arsitektur yang Menawan

Jepang merupakan negara kaya budaya. Salah satu yang fenomenal untuk urusan pop culture-nya. Selain kerumunan orang dan sukarelawan, ada banyak arsitektur dari masa lalu, masa kini, dan masa depan. Baik itu kuil tradisional, gedung pencakar langit modern, dan toko-toko mewah di pusat perbelanjaan. 

4. Banyak Peserta dengan Kostum Menarik

Banyak peserta Tokyo Marathon yang memakai kostum menarik. Kalian akan disambut dengan berbagai peserta dengan kostum pengantin, peserta yang memakai kostum telur, menggunakan kostum mirip Gundam dan sejumlah pahlawan super yang lain. 

5. Banyak Makanan Lezat di Pos Finish

Jepang memang terkenal karena jajanannya yang khas. Di Tokyo Marathon, kalian akan menemui hal serupa. Selain air standar dan minuman olahraga, kamu juga akan menemukan jajaran makanan berisi pisang kupas, tomat ceri, berbagai macam permen, permen penyegar, dan roti gulung. (*)

  RELATED ARTICLES