Lalu Muhammad Zohri saat bersaing dalam invitasi atletik nasional 2023

SEA Games Kamboja 2023 telah dimulai di Phnom Penh, pada Jumat, 5 Mei 2023. Negeri Angkor Wat tersebut menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Asia Tenggara edisi ke-32 di mana 11 negara dari seluruh wilayah akan bersaing memperebutkan gelar juara. Mulai 5 Mei - 17 Mei, sekitar 581 perlombaan akan diselenggarakan. Dan cabang olahraga atletik adalah salah satu yang paling dinantikan.

Kompetisi atletik Pesta Olahraga Asia Tenggara dimulai dengan lari maraton dan jalan cepat pada 6 April. Selain itu, semua nomor lintasan dan lapangan juga diperlombakan di Stadion Morodok Techo di Phnom Penh mulai 8 Mei. Puncaknya pada final estafet 4 x 400 meter putri dan putra pada Jumat, 12 Mei.

Baca Juga: Hadapi SEA Games 2023, Lalu Muhammad Zohri Rayakan Lebaran Jauh dari Keluarg

Lalu Muhammad Zohri akan menjadi wakil yang kuat bagi Indonesia di SEA Games kali ini. Atlet berusia 22 tahun itu mencuri perhatian publik dengan medali emas 100 meter yang bersejarah di Kejuaraan Dunia U20 pada tahun 2018. Kemenangan Zohri membuatnya menjadi pria Indonesia pertama yang melakukannya. Zohri kemudian kembali berprestasi pada tahun 2019 dengan medali perak di Kejuaraan Asia.

Di nomor 400 meter putri, Shereen Valllabuoy dari Malaysia juga menjadi salah satu yang harus diwaspadai setelah catatan waktunya 51,8 detik di Mt SAC Relays Athletics Championship memberinya gelar sebagai orang Malaysia tercepat dalam lari jarak jauh. Dia akan berlaga di nomor 400 meter dan 4 x 400 meter di SEA Games Kamboja.

Baca Juga: Skuad Atletik Indonesia Optimistis Bawa Lima Medali Emas di SEA Games Kamboja

Shanti Pereira dari Singapura membawa banyak pengalaman dalam lari jarak pendek. Ia menjadi juara SEA Games 200 meter tahun 2015 dan 2021. Irfan Syamsuddin dari Malaysia adalah juara lempar cakram Asian Games lima kali yang tak terkalahkan sejak 2013.

Kompetisi atletik di SEA Games Kamboja 2023 secara langsung disiarkan dari Kamboja oleh Cambodia Sports Television (CSTV). Di Singapura, SEA Games bisa ditonton di saluran mewatch khusus. Di Thailand, SEA Games akan disiarkan melalui TV Pool 3HD, 5HD, 7HD, MCOT HD, NBT2HD, GMM25, PPTV HD dan T Sports. (*)

  RELATED ARTICLES