Para atlet pelatnas atletik Indonesia usai mengikuti invitasi atletik nasional di Stadion Madya GBK, Jakarta pada 11 Januari 2023,

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan mengirimkan 27 atlet untuk SEA Games Kamboja, yang akan dihelat pada 5 - 17 Mei 2023. Menurut manajer tim nasional atletik Indonesia, Mustara Musa, menyebut skuad atletik Indonesia tersebut telah melakukan persiapan maksimal dan membidik lima medali emas. 

Menurut Mustara, persiapan tim atletik Indonesia yang akan bersaing dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara sudah dalam tahap menuju kompetisi. Bersama PB PASI, para atlet itu juga mengadakan uji coba di Stadion Madya GBK, Senayan, pada Minggu, 2 April 2023. 

“Seharusnya atlet dan pelatih sudah mempersiapkan fisik dan mental menuju pertandingan dan akhir pekan nanti, akan ada tes pengukuran per nomor perlombaan di sini,” ungkap Mustara, sebagaimana dikutip dari Antara, pada Minggu 30 April 2023. “Kita akan lihat sejauh mana atlet, pelatih menyiapkan positioning-nya,” kata Mustara. 

Baca Juga: Hadapi SEA Games 2023, Lalu Muhammad Zohri Rayakan Lebaran Jauh dari Keluarga

Tujuan dari uji coba bersama tersebut adalah mengetahui sejauh mana persiapan atlet dalam menghadapi pesta olahraga Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut. Selain itu, atletik merupakan salah satu dari 31 cabor yang rutin menyumbangkan medali bagi Indonesia. Sehingga PB PASI akan mewadahi persiapan atlet dengan sebaik mungkin. 

Target lima emas dibidik berdasarkan evaluasi SEA Games Vietnam tahun 2021. Selain itu, target ini disiapkan setelah PB PASI melihat perkembangan para atlet saat menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) dan kejuaraan-kejuaraan yang diikuti oleh mereka sebelumnya. 

Maria Natalia Londa akan turun di nomor lompat jauh dan lompat jangkit putri. Sementara Eki Febri Ekawati akan kembali berlaga di nomor tolak peluru putri. Ada juga Sapwaturrahman yang akan bersaing di nomor lompat jauh putra. Ada Odekta Elvina Naibaho di maraton putri dan Abdul Hafiz dari lempar lembing putra.

Baca Juga: Maria Natalia Londa Antusias Sambut SEA Games 2023 di Kamboja

Maria Natalia Londa mengaku begitu antusias menghadapi SEA Games Kamboja 2023. Ia berharap dapat memberikan hasil yang terbaik bagi Indonesia. “Selama ini saya terus berlatih, target pribadi ingin lebih bagus dari catatan sebelumnya,” kata Maria kepada SAC Indonesia. "Dengan sisa waktu berlatih yang sudah semakin mepet saya meminta doa agar semua latihan berjalan dengan baik dan lancar.”

PB PASI juga berharap atlet muda lainnya dapat membuat kejutan dalam ajang SEA Games tahun ini. Seperti Valentin Vanessa Lonteng dalam nomor lari jarak pendek dan Diva Renata Jayadi untuk lompat galah putri. (*)

  RELATED ARTICLES