Instagram Agus Prayogo: @Agusprayogo21

Pelari andalan Indonesia di nomor lari jarak jauh, Agus Prayogo, berhasil memperoleh medali emas dalam perlombaan lari maraton di SEA Games 2023 Kamboja, yang digelar pada Sabtu, 6 Mei 2023. Ini merupakan medali emas pertama bagi cabang olahraga atletik dan menjadi medali emas kedua bagi kontingen Indonesia di SEA Games. 

Agus berada di posisi pertama, mengalahkan Arlan Estobo Arbois dari FIlipina dan Nguyen Thanh Hoang dari Vietnam. Masing-masing dari mereka menempati posisi kedua dan ketiga dalam lari maraton putra. 

Perolehan medali emas Agus Prayogo tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi skuad atletik Indonesia. Pasalnya, tahun ini PB PASI menargetkan lima medali emas. Ini juga menjadi medali emas ketujuh yang diperoleh Agus Prayogo dalam ajang SEA Games. Atlet berusia 37 tahun itu juga meraih emas maraton putra di ajang SEA Games 2019 Filipina. 

Selain maraton, Agus Prayogo juga berjaya di nomor jarak jauh 10.000 meter putra. Ia berhasil menjuarai SEA Games 2015 di Singapura dan SEA Games 2011 di Indonesia untuk nomor tersebut. Sebelum ajang SEA Games 2023 ini, Agus juga sukses mencapai batas limit yang ditetapkan PB PASI dalam Invitasi Atletik Nasional, Januari lalu. 

Baca Juga: Agus Prayogo Tinggalkan Zona Nyaman demi Sukses di Atletik

Agus Prayogo merupakan salah satu atlet Indonesia yang menjadi idola banyak student-athlete. Salah satunya adalah M. Iqra Syahputra, runner up Energen Champion SAC National Championship untuk nomor lari jarak menengah. Kepiawaian Agus dalam lari jarak jauh dan kesuksesannya di berbagai kompetisi internasional menjadikan Agus sebagai panutan utama. 

Baca Juga: PB PASI Kirim 27 Atlet Atletik Ke SEA Games Kamboja 2023, Cek Daftarnya!

Hingga tulisan ini dibuat, Indonesia telah mengoleksi tiga medali emas, satu perak dan lima perunggu di klasemen SEA Games 2023. Medali emas pertama Indonesia diraih oleh Rashif Amila Yaqin di nomor individual putra Aquathlon. Dengan ini, semoga kontingen Indonesia membawa medali emas lebih banyak! (*)

  RELATED ARTICLES