Lalu Muhammad Zohri saat bersaing dalam invitasi atletik nasional Januari lalu

Lalu Muhammad Zohri akan kembali rayakan lebaran jauh dari keluarga. Pasalnya, sprinter andalan Indonesia tersebut harus mempersiapkan diri untuk berlaga dalam ajang SEA Games 2023. Yang akan digelar di Phnom Penh, Kamboja. Tepatnya 5 Mei - 17 Mei 2023. Menurut Zohri, ini bukan pertama kali ia lebaran jauh dari kampung halaman di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

“Memang kalau Lebaran tidak di rumah itu sudah biasa. Banyak teman-teman (atlet) di sini juga jauh dari kampung halaman. Itu tidak menjadi masalah karena kami sudah terbiasa," kata Zohri sebagaimana dikutip dari Antara, pada Selasa, 18 April 2023. 

Zohri mengaku menjadi seorang atlet harus siap berlomba di segala kondisi. “Jadi saya akan fokus untuk SEA Games 2023. Mungkin setelah itu baru pulang ke kampung halaman. Saat ini tidak ada kendala. Semoga hingga SEA Games Kamboja tidak ada masalah apapun. Harapannya bisa tampil maksimal,” lanjutnya. 

Baca Juga: Lalu Zohri Berharap Peserta SAC Tak Pernah Lelah Belajar

Meskipun begitu, Zohri akan tetap menikmati momen lebaran dengan sukacita. Pelari berusia 22 tahun tersebut akan berkumpul bersama jajaran atlet pemusatan latihan nasional (atletik). Tahun ini, Zohri berencana untuk merayakan Hari Kemenangan di rumah pelatih atletik lari jarak pendek Eni Nuraeni. 

“Kami kalau lebaran diundang Ibu Eni untuk makan-makan di sana. Sekarang sudah canggih. Saya bisa video call keluarga untuk berbincang,” tambah Zohri. 

Lalu Muhammad Zohri dijadwalkan 100 meter putra, 4x100 meter dan kemungkinan akan turun untuk nomor 200 meter putra dalam SEA Games 2023 di Kamboja. Tahun lalu, Zohri juga bersaing di SEA Games Vietnam. Sayangnya, ia mengalami cedera hamstring sehingga gagal tampil maksimal untuk nomor 100 meter putra. 

Baca Juga: Lalu Zohri dan Eko Rimbawan Ajak Pelajar se-Tanah Air Ikut SAC Indonesia

Lalu Muhammad Zohri kini dikenal sebagai salah satu pelari tercepat di Indonesia. Dia berhasil menempati posisi pertama dalam Kejuaraan Asia Junior di Gifu, Jepang untuk nomor lari cepat 100 meter dan catatan waktu 10,27 detik.

Zohri juga meraih catatan waktu 10,18 detik di Kejuaraan U20 Finlandia. Saat itu ia masih duduk di SMAN 2 Mataram. Catatan waktu terbaiknya saat ini adalah 10,03 detik. Yang ia raih ketika mengikuti Kejuaraan Seiko Golden Prix Osaka. (*)

  RELATED ARTICLES