Kontingen atletik Indonesia sukses meraih dua medali sekaligus di nomor lempar lembing dalam gelaran SEA Games Kamboja 2023. Medali emas lempar lembing diperoleh Abdul Hafiz, sementara Agustinus Abadi Ndiken sukses meraih medali perunggu, dalam babak final nomor tersebut yang digelar Senin, 8 Mei 2023. 

Setiap atlet memiliki kesempatan enam kali lemparan dalam laga yang digelar di Morodok Techno National Stadium, Phnom Penh, Kamboja. Raihan medali Hafiz diperoleh dalam lemparan ketiga, dengan catatan jarak 69,60 meter. 

Medali Perak menjadi milik atlet asal Vietnam Hoai Van Nguyen, yang sukses melakukan lemparan sejauh 69.55 meter. Sementara itu, Agustinus Abadi Ndiken meraih medali perunggu dengan catatan lemparan 66,20 meter. Lemparan tersebut diperoleh oleh Agustinus setelah mencoba pada kesempatan kedua. 

Dengan begini, atletik berhasil meraih total empat emas, dua perak dan empat perunggu. Sebelumnya, medali emas disumbangkan oleh Agus Prayogo dan Odekta Elvina Naibaho, masing-masing pada maraton putra dan putri. Serta Hendro Yap dari nomor 20 kilometer jalan cepat putra. 

Baca Juga: Lempar Lembing: Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Gaya

Dua medali perak juga diraih Violine Intan Puspita yang berlaga di nomor jalan cepat 20 kilometer dan Maria Natalia Londa di nomor lompat jangkit. Sementara itu, medali perunggu disumbangkan oleh Lalu Muhammad Zohri (200 meter putra), Odekta (5.000 meter putri) dan Wahyudi Putra 1.500 meter putra. 

Saat ini, Indonesia memiliki target lima medali emas dalam gelaran SEA Games Kamboja 2023. Hal tersebut disampaikan usai mengevaluasi perolehan SEA Games Vietnam 2021 dan invitasi atletik nasional yang digelar bersamaan dengan Energen Champion SAC National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES