Lalu Muhammad Zohri saat tampil dalam Invitasi Atletik Nasional

Sprinter asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, meraih medali perunggu dalam SEA Games Kamboja 2023. Zohri berhasil finis di urutan ketiga dalam final perlombaan lari 200 meter putra. Babak final nomor tersebut berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, pada Senin, 8 Mei 2023. 

Zohri berhasil melaju ke babak final dengan catatan waktu 21,020 detik setelah sukses melewati babak penyisihan dengan catatan waktu 21,13 detik. Dalam babak final, Zohri bersaing dengan pelari terbaik lain dari masing-masing negara ASEAN. 

Wakil Indonesia dalam babak final lari 200 meter bukan hanya Lalu Muhammad Zohri. Melainkan ada Bayu Kertanegara. Sayangnya, Bayu belum memiliki kesempatan menembus garis finis lebih cepat. 

Zohri harus mengakui keunggulan pelari asal Thailand, Soraoat Dapbang, yang berhasil meraih podium pertama dengan catatan waktu 20,620. Wakil Vietnam juga begitu kuat dalam SEA Games Kamboja kali ini. Pasalnya, di posisi kedua ada Ngoc Ngia Ngan yang mengantongi waktu 20,840. 

Meskipun gagal menyabet medali emas, perolehan Zohri dalam SEA Games Kamboja 2023 tetap menuai pujian dari Indonesia. Pasalnya, Zohri belum bisa menyumbang medali untuk SEA Games 2021 yang digelar di Vietnam.

Baca Juga: Hadapi SEA Games 2023, Lalu Muhammad Zohri Rayakan Lebaran Jauh dari Keluarga

Zohri tak hanya menjadi wakil Indonesia dalam perlombaan lari 200 meter putra. Atlet berusia 22 tahun tersebut juga akan mewakili Indonesia dalam perlombaan lari 100 meter putra yang akan digelar pada Jumat, 12 Mei 2023. 

Sebelumnya, Zohri berhasil menjuarai World U20 Championships pada tahun 2018 dengan catatan waktu 10,18 detik. Di tahun yang sama, Zohri sukses meraih Asian Junior Championship dengan catatan waktu 10,27 detik. 

Zohri merupakan idola bagi banyak pelari muda Indonesia. Harapannya, banyak anak muda lainnya yang akan mengikuti jejak Zohri untuk bersaing dalam kompetisi atletik tingkat internasional. Terlebih lagi, Zohri merupakan salah satu pendukung adanya Energen Champion SAC Indonesia. Dan berharap event pelajar tersebut menghasilkan bakat-bakat baru. 

Energen Champion SAC Indonesia 2022 sukses menjaring pelajar bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), Kalimantan (Banjarmasin), East Java (Surabaya), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta Banten (Jakarta), West Java (Bandung) dan Central Java (Semarang). Sejak akhir September hingga pertengahan Desember. (*)

  RELATED ARTICLES