Aksi Athiyyah Ghina Putriasih dari SMAN 1 Babakan di West Java Qualifiers 2023

Jadwal Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship telah ditentukan. Babak puncak dari SAC Indonesia 2023 itu akan digelar pada 18-20 Januari 2024. Dan akan berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Athiyyah Ghina dari SMAN 1 Babakan mengaku makin semangat menghadapi babak National Championship. 

Setelah meraih juara tolak peluru putri di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, Ghina -begitu ia kerap disapa- telah sungguh-sungguh untuk mempersiapkan diri menghadapi babak National Championship. Ia bahkan telah mempelajari klasemen sementara dari masing-masing juara regional qualifiers. 

"Aku mempelajari jauhnya tolakan lawan dari setiap qualifiers, dan aku juga jadi tahu siapa aja yang tolakannya jauh. Meskipun begitu, malah itu membuat aku lebih semangat untuk latihan dan tetap fokus ke diri sendiri. Tapi tetep ada rasa deg-degan, nggak sabar bakal ketemu mereka di Solo nanti, hehehe," kelakar Ghina. 

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Untuk menghadapi babak National Championship, Ghina berlatih lebih semangat lagi. Ia bahkan meningkatkan intensitas latihan untuk mendapatkan hasil maksimal. Hanya saja program latihannya sama seperti sebelumnya. "Cuma pesan dari pelatih itu lebih semangat dan serius lagi latihannya, waktu kita udah mepet udah deket sebentar lagi, harus bisa memberikan yang terbaik," tutur Ghina. 

Ghina mengatakan bahwa National Championship di Solo bakal menjadi kompetisi event yang seru sekaligus penting untuk jam terbangnya. Apalagi, semua winner dari enam regional qualifiers akan berkumpul di sana. "Kemarin aja di West Java Qualifiers seru banget. Terus juga aku pengen banget bisa jadi Winner di National Championship di Solo," terang Ghina. 

Tak lupa, Ghina juga berharap banyak dari delegasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers yang akan menjadi juara di babak National Championship. Apalagi, banyak klasemen dari masing-masing nomor lomba yang didominasi oleh juara West Java Qualifiers. 

Baca Juga: Dari Seleksi Kecamatan, Kini Ghina Kampiun Tolak Peluru Putri West Java

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES