Para Champion SAC usai melakoni UPP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship bakal segera digelar. Babak puncak dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu bakal berlangsung pada 18-20 Januari 2024 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Nantinya, sebanyak 288 juara regional qualifiers akan bertarung untuk memperebutkan titel sebagai Champion SAC 2023. Tapi sudahkah kamu kenal dengan jajaran Champion SAC 2022?

Buat kamu yang penasaran dengan siapa saja sosok Champion SAC pada musim sebelumnya, berikut adalah daftarnya:

1. Yad Hapizudin (MA Al Ijtihad Danger)

Yad Hapizudin adalah nama paling mentereng di Energen Champion SAC Indonesia 2022. Siswa MA Al Ijtihad Danger itu merupakan Champion SAC di nomor middle distance 1.000m Putra. Ia mendapatkan gelar tersebut usai menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship.

Sebelumnya, Yad merupakan runner up di nomor middle distance 1.000m putra untuk Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers. Namun, ia berhasil merebut posisi pertama setelah mengalahkan Iqra Syahputra, sesama wakil Bali Nusra Qualifiers saat itu. 

Karena berhasil menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship, Yad kemudian diberikan reward training camp ke Australia dan berloma di Athletics West Track and Field State Championship. 

Terakhir, Yad Hapizudin aktif dalam berbagai perlombaan nasional dan internasional. Pada 9 Desember 2023 lalu, Yad menjuarai SEA Youth Athletics Championships 2023 di nomor middle distance 1.500m putra. 

2. Aziyyati Dina Amalina (SMAN 1 Pabelan)

Energen Champion SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers memunculkan bakat yang patut diperhitungkan. Ia adalah Aziyyati Dina Amalina. Siswi SMAN 1 Pabelan yang berhasil meraih predikat Champion SAC di nomor middle distance 1.000m putri. Saat itu, Aziyyati juga menjadi pemegang rekor SAC di nomor yang sama. 

Aziyyati juga menjadi salah satu Champion SAC yang mendapatkan reward untuk training camp ke Australia. Sama seperti Yad, ia juga bersang di Athletics West Track and Field State Championship. 

3. Yogi Saputra (SMAN 1 Surade)

Yogi Saputra adalah bakat temuan SMAN 1 Surade. Bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers, Yogi berhasil menjuarai 100m putra dan maju ke babak National Championship. Ia kemudian menjuarai nomor tersebut dan merebut gelar sebagai Champion SAC 2022. 

Bersama dengan generasi pertama, Yogi berangkat training camp ke Australia dan merebut podium ketiga di ajang Athletics West Track and Field State Championship. Saat itu Yogi bersaing dengan para sprinter junior terbaik di Australia. 

4. Dihanis Arsita (SMAN 4 Malang)

Anak atletik Jawa Timur pasti mengenal Dihanis Arsita. Siswi SMAN 4 Malang itu banyak berprestasi di kompetisi atletik. Salah satunya adalah Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers. Saat itu, Dihanis menjuarai nomor 100m putri. Bahkan pecah rekor dengan perolehan 12,92 detik. 

Karena perolehannya tersebut, Dihanis kemudian melaju ke babak National Championship. Yang diselenggarakan di Jakarta, pada Januari 2023. Ia berhasil merebut gelar sebagai Champion SAC dan mengikuti training camp di Australia bersama dengan Champion SAC yang lain. 

Terakhir, Dihanis Arsita memperkuat Kota Malang di ajang Porprov Jatim 2023 sebagai salah satu skuad estafet putri 4x400m dan menjuarai nomor tersebut dengan catatan yang mengesankan.

5.  Skuad 4x100m Putra MAN 2 Gresik

MAN 2 Gresik memiliki skuad estafet 4x100m putra terbaik selama ajang Energen Champion SAC Indonesia 2022. Sekolah tersebut menjuarai National Championship dan pecah rekor dengan perolehan waktu 44,87 detik. Saat itu, MAN 2 Gresik diperkuat oleh Wisnu Lukman Hakim, Dimas Tri Agung Pamungkas, M. Rizki Edi Saputra dan M. Naufal Alif Rizky.

6. Skuad 4x100m Putri SMKN 1 Bawang

Skuad SMKN 1 Bawang behasil merebut juara relays 4x100m putri dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship. Digawangi oleh Rahma Nur Azizah, Kayla Ziland Fitria Darmawan, Yulia Reni Hidayati dan Fatimah Azzahra, SMKN 1 Bawang sampai saat ini masih memegang rekor SAC dengan catatan waktu 54,35 detik. 

  RELATED ARTICLES