Perlombaan middle distance dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia, Energen Champion SAC Indonesia 2023, telah menyelesaikan babak regional qualifiers. Energen Champion SAC Indonesia singgah di enam wilayah. Mulai dari Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers. 

Penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 di enam wilayah tersebut tentunya dilakukan di beragam stadion dengan fasilitas yang begitu memorable. Apa saja, stadion paling memorable tersebut? 

1. Lapangan THOR, Surabaya, Jawa Timur

Lapangan THOR Surabaya, menjadi tempat penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Lokasi tersebut merupakan salah satu venue bersejarah bagi warga Surabaya.

Lapangan THOR memiliki kepanjangan Tot Heil Onzer Ribbenkast. Dengan arti, "Demi Tulang Rusuk Kita." Lapangan tersebut dinamai berdasarkan klub sepak bola yang bermarkas klub kesebelasan THOR. Yang berdiri sendiri pada 7 September 1901.

Kini Lapangan THOR menjadi ikon penting bagi warga Surabaya. Tempat itu sering menjadi lokasi penyelenggaraan lomba maupu kompetisi. Baik untuk cabang olahraga atletik maupun sepak bola. 

2. GOR Tri Lomba Juang

Sama seperti Lapangan THOR Surabaya, GOR Tri Lomba Juang juga menjadi kebanggaan warga Semarang. Lokasi tersebut begitu bersejarah bagi Jawa Tengah. GOR Tri Lomba Juang diresmikan pada 14 Oktober 1972, untuk memperingati Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang, Jawa Tengah. 

Kini, GOR Tri Lomba Juang menjadi lokasi kompetisi untuk perlombaan nasional maupun internasional. Termasuk Energen Champion SAC Indonesia, yang menuntaskan perlombaan di sana pada 24-26 November 2023.

3. Stadion Arcamanik, Bandung

Stadion Arcamanik, Bandung, menjadi salah satu venue paling memorable urutan ketiga dari penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Arcamanik juga dikenal sebagai rumahnya berbagai kompetisi atletik yang ada di Indonesia. 

4. GOR Rawamangun, Jakarta 

GOR Rawamangun Jakarta memang rumahnya penyelenggaraan atletik Ibu Kota. Lokasi tersebut juga menjadi tempat berlangsungnya Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. GOR Rawamangun Jakarta juga menjadi ikon penting bagi atletik Jakarta. 

Baca Juga: Flashback Bentar! Ini 6 Momen Keren dari National Championship 2022

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES