Athiyyah Ghina Putriasih saat menerima UPP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Nama Athiyyah Ghina Putriasih sedang melambung tinggi. Tepatnya usai menjuarai nomor tolak peluru putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Ghina -begitu ia kerap disapa- sukses mencatatkan lemparan sejauh 9,26 meter pada babak final, yang digelar di Stadion Arcamanik, Sabtu 23 September 2023 lalu. 

Dengan ini, Ghina merupakan juara baru West Java Qualifiers. Dan akan melaju ke babak National Championship. Menurut siswi SMAN 1 Babakan, Cirebon tersebut, SAC Indonesia merupakan salah satu kompetisi yang tak akan ia lupakan. "Pesertanya banyak banget, keren. Aku yang pertama kali ikut jadi wow, tahun kemarin sayang belum ikut," kata Ghina. 

Yes, Ghina merupakan debutan di SAC Indonesia. Tapi sebenarnya dia sudah mondar-mandir di beberapa kompetisi tingkat daerah. Ia Sudah menggeluti dunia tolak peluru sejak SD. "Dulu sewaktu SD itu ada seleksi lomba atletik. Nah, salah satunya itu aku. Dan sewaktu tes, catatannya jauh. Akhirnya dikirim sebagai tim kecamatan buat lomba atletik di kabupaten," terang Ghina. 

Dari sana lah, prestasi-prestasi Ghina yang lain muncul. Salah satunya menyabet gelar kampiun di SAC Indonesia. Ia bahkan saat ini telah melebarkan sayapnya ke nomor lempar cakram. "Coba-coba aja. Alhamdulillah lemparannya lumayan. Ya meskipun putaran cakramnya belum bagus," lanjut Ghina. 

Untuk menghadapi National Championship, banyak yang harus dipersiapkan oleh Ghina. Salah satunya adalah latihan Fisik dan kesiapan mental. "Karena di babak National Championship nanti lawanku berasal dari banyak regional qualifiers yang lain," terang Ghina. 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain West Java, SAC Indonesia juga akan digelar di Sumatera, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

 

 

  RELATED ARTICLES