Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers

Solo adalah salah satu kota yang menjadi rumah bagi kejuaraan besar. Bukan hanya nasional, melainkan juga internasional. Kota berprestasi bagi Jawa Tengah itu sampai dikenal sebagai gudangnya acara-acara bersejarah di Indonesia. Tahun ini saja, ada Kejurnas Atletik 2023 yang juga diadakan di Solo. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship juga diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Babak puncak dari kompetisi atletik pelajar di Jawa Tengah tersebut akan diselenggarakan di Stadion Sriwedari, tepatnya pada 18-20 Januari 2024. 

Mendengar diselenggarakannya babak puncak dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship di Solo, para peserta senang. Pasalnya, Solo memiliki banyak keterikatan dengan perkembangan atletik di Indonesia. Apa saja kejuaraan nasional dan internasional yang pernah digelar di Solo? Berikut SAC Indonesia, rangkum untukmu: 

1. 2022 ASEAN Para Games

ASEAN Para Games 2022 merupakan salah satu kompetisi Internasional yang pernah digelar di Solo. Kompetisi internasional diselenggarakan pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Sebanyak 11 negara berpartisipasi dalam ASEAN Para Games 2022. 

Awalnya akan diselenggarakan di Vietnam pada tahun 2021, kejuaraan tersebut awalnya dibatalkan karena pandemi Covid-19 tepat sebelum hak penyelenggaraannya dialihkan ke Indonesia. Awalnya juga dijadwalkan pada tanggal 23 hingga 30 Juli 2022. 

Di Solo, ASEAN Para Games 2022 diselenggarakan terpisah dengan masing-masing perlombaan, mulai dari Manahan Sports Complex, UNS Solo, Stadion Sriwedari dan masih banyak lagi. 

2. Kejurnas Atletik 2023 di Solo

Kejuaraan Nasional Atletik 2023 diselenggarakan di Solo. Bertempat di Stadion Sriwedari, kejuaraan ini mempertemukan para atlet aletik terbaik di Indonesia untuk menjadi yang terbaik. Kejurnas atletik di Solo juga menjadi titik balik besar di dunia atletik. Pasalnya, Solo memiliki keterkaitan besar dengan perkembangan atletik Indonesia. 

Solo menjadi kota pertama di mana organisasi atletik Hindia Belanda dibentuk. Nederlandsche Indische Athletik Unie (NIAU) dibentuk pada 1917. Dan menaungi banyak klub atletik pertama di masa itu.

3. PON 1948

Stadion Sriwedari, Solo, memiliki nilai sejarah penting sebagai tempat cabang olahraga atletik Indonesia pertama kali dipertandingkan pada PON tahun 1948. Hingga kini, Stadion Sriwedari menjadi salah satu venue penting bagi kejuaraan atletik, nasional maupun internasional. 

4. Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan salah satu kejuaraan pelajar terbesar di Indonesia yang juga akan diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah. Babak puncak ini akan diikuti oleh 288 pelajar dari enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, Central Java dan East Java. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES