Aksi Aufar Fadilah Dwi Caksono dari SMAN 2 Madiun saat berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship siap diselenggarakan. Babak puncak dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Dan akan berlangsung pada 18-20 Januari 2024 mendatang. Sesuai dengan namanya, National Championship adalah kompetisi atletik pelajar level nasional

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship akan mempertemukan sebanyak total 288 juara regional qualifiers. Jumlah tersebut terdiri dari juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing nomor lomba untuk sektor putra dan putri. Mulai dari sprint, middle distance, relays, long jump hingga shot put. 

Beberapa juara regional qualifiers yang melaju ke National Championship musim lalu akan kembali bersaing di musim ini, kira-kira siapa saja mereka?

Jakarta Banten Qualifiers

1. Calista Esther Emily (SMA IGN Slamet Riyadi)

Calista Esther Emily akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Kesempatan itu Calista dapatkan usai meraih juara di Jakarta Banten Qualifiers 2023 untuk nomor 100m putri. Sebelumnya, Calista juga mendapatkan kesempatan bersaing di National Championship 2022, hanya saja belum berkesempatan untuk meraih titel sebagai Champion SAC. 

Saat ini, Calista merupakan pemimpin klasemen untuk 100m putri. Siswi SMA IGN Slamet Riyadi tersebut memegang rekor SAC 100m putri dengan perolehan waktu 12,74 detik. Masih harus dilihat apakah Calista akan meraih gelar juara di National Championship musim ini. 

2. Skuad SMAN 39 Jakarta

Skuad estafet SMAN 39 Jakarta berhasil meraih gelar juara back-to-back champion dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers dengan perolehan waktu 46,38 detik. Khususnya untuk relays 4x100m putra. Dengan begini, SMAN 39 Jakarta akan kembali bersaing di National Championship. Setelah musim 2022 gagal menembus babak final. 

3. SMAN 12 Tangsel 

Kegagalan di National Championship 2022 rupanya jadi suntikan semangat bagi skuad estafet SMAN 12 Tangsel. Setelah gagal menembus final pada kompetisi nasional terakhir, SMAN 12 Tangsel kembali berjuang di Jakarta Banten Qualifiers 2023. Sekolah tersebut juga kembali mengantongi tiket National Championship 2023. 

Baca Juga: National Championship Telah Menanti 48 Juara Jakarta Banten Qualifiers

4. SMA Tzu Chi PIK

SMA Tzu Chi PIK berhasil melakoni revans dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Sekolah tersebut meraih juara pertama untuk nomor relays 4x100m putri dan melenggang ke babak National Championship 2023. Yang digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. 

Pada penyelenggaraan musim sebelumnya, SMA Tzu Chi PIK sukses meraih gelar runner up dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 dan juga melaju ke National Championship namun gagal di babak final. 

5. SMAN 75 Jakarta

SMAN 75 Jakarta masih kuat dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia. Stelah meraih posisi runner up dalam Jakarta Banten Qualifiers 2023, SMAN 75 Jakarta siap untuk bersaing di babak National Championship. Dengan pengalaman musim lalu, SMAN 75 Jakarta akan kembali membuktikan timnya di musim ini. 

6. Taffarel Juan Chrissanto (SMAN 2 Kota Tangsel)

Taffarel Juan Chrissanto adalah rajanya middle distance 1.000m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Siswa SMAN 2 Kota Tangsel tersebut kemudian akan melaju ke babak National Championship 2023. Yang akan diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. 

Sebelumnya, Taffarel Juan Chrissanto adalah juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers. Yang juga bersaing di National Championship 2022. 

Central Java Qualifiers

1. Zahrina Amalia (MAN 2 Banjarnegara)

Zahrina Amalia adalah wakil MAN 2 Banjarnegara yang berhasil menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers untuk nomor tolak peluru putri. Sebelumnya, ia adalah peraih podium ketiga di National Championship 2022. Karena menjuarai musim baru, Zahrina juga akan kembali bersaing di National Championship 2023. 

2. Saniy Rahma Nabilah (SMAN 12 Semarang)

Saniy Rahma Nabilah adalah runner up tolak peluru putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Siswi SMAN 12 Semarang itu juga menjadi runner up National Championship 2022. Karena berhasil menjuarai musim baru, Saniy juga akan kembali bersaing di level nasional dan bertemu 18 juara tolak peluru putri lainnya. 

3. Sindu Krisna Mukti (SMK PGRI Cepu)

Sindu Krisna Mukti berhasil lakoni misi revans. Siswa SMK PGRI Cepu itu sukses menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers untuk nomor middle distance 1.000m putra. Sebelumnya, Sindu adalah peraih gelar Best 3 Records untuk nomor yang sama, namun ia gagal meraih titel sebagai Champion SAC di National Championship. 

Baca Juga: 48 Pelajar Central Java Qualifiers Melenggang ke National Championship

4. Nur Aslamiyah Irja Pasa (SMAN 3 Salatiga) 

Nur Aslamiyah Irja Pasa dari SMAN 3 Salatiga akan kembali bersaing di National Championship 2023. Setelah menyabet gelar runner up di nomor middle distance 1.000m putri untuk National Championship 2022, Pasa -panggilannya- akan memperebutkan posisi teratas di nomor yang sama. Masih harus dilihat apakah Pasa akan sukses membuktikan kemampuannya musim ini. 

5. SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

National Championship 2023 telah menanti SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Setelah meraih juara untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers, SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang telah siap untuk berlaga di partai puncak. Sebagai informasi, musim lalu sekolah tersebut gagal membawa pulang trofi Champion SAC 2022. 

6. SMAN 2 Kebumen

SMAN 2 Kebumen adalah salah satu juara dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Oleh karena itu, sekolah tersebut berhasil meraih tiket National Championship 2023. Dan akan menjadi kali kedua bagi SMAN 2 Kebumen bersaing di National Championship. 

7. SMAN 1 Pundong

SMAN 1 Pundong merupakan juara dari Energen Champion SAC Indonesia 2022 Yogyakarta Qualifiers. Dalam penyelenggaraan musim baru, sekolah tersebut memutuskan untuk mengikuti kompetisi di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers, dan berhasil meraih podium ketiga. Dengan begini, skuad SMAN 1 Pundong akan kembali melenggang ke babak National Championship. 

8. Ahmad Zacky Alfirdaus (SMAN 1 Jepon) 

Ahmad Zacky Alfirdaus dari SMAN 1 Jepon berhasil mempertahankan gelar juaranya dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Sebelumnya, Zacky -begitu ia kerap disapa- sukses mengamankan gelar 100m putra di Central Java Qualifiers 2022. Dengan begini, National Championship 2023 akan menjadi kali kedua Zacky berlaga. 

East Java Qualifiers

1. Arfiansyah Adi Yuliarta (SMA Hang Tuah 1 Surabaya) 

Arfiansyah Adi Yuliarta merupakan salah satu pemegang rekor SAC. Siswa SMA Hang Tuang 1 Surabaya tersebut memecahkan rekor dan menjuarai 100m putra di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Dengan begini, Arfi tentunya akan melenggang ke babak National Championship 2023. Yang akan digelar Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. 

Hingga saat ini, catatan terbaik Arfi adalah 10,86 detik. Dan masih harus dilihat apakah Arfi kembali memecahkan rekor SAC untuk 100m putra. 

2. Wulandari (SMA Dharma Wanita 4)

Pemegang gelar 3rd place dari SMA Dharma Wanita 4, Wulandari, akan kembali bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Ini tentunya akan menjadi kesempatan emas bagi Wulandari, setelah pada musim 2022 gagal menjuarai National Championship. 

3. Mi'rojul Ridwan (MAN 5 Bojonegoro)

Kontingen Jawa Timur akan kembali diwakili oleh Mi'rojul Ridwan untuk middle distance putra di babak National Championship. Siswa MAN 5 Bojonegoro tersebut yang berhasil mengunci kemenangan di 1.000m putra pada East Java Qualifiers 2023. Ini akan menjadi kali kedua baginya bersaing di babak puncak. 

Baca Juga: SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers Tuntas, Ada 3 Pecah Rekor!

4. Inna Nurul Ma'rifatin (MAN 5 Bojonegoro)

Sama seperti di sektor putra, Inna Nurul Ma'rifatin dari MAN 5 Bojonegoro juga akan kembali mewakili kontingen Jawa Timur untuk middle distance 1.000m putri. Ini merupakan kali kedua bagi Inna bersaing di babak National Championship. Yang akan berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. 

5. Indi Oktavia (SMAN 3 Ponorogo)

Indi Oktavia kali ini memimpin persaingan tolak peluru putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Siswi SMAN 3 Ponorogo tersebut berhasil melontarkan tolakan sejauh 9,24 meter. Indi sukses melenggang ke National Championship untuk kedua kalinya.

6. Aril Supriyanto (SMAN 1 Ponorogo)

Aril Supiyanto merupakan peraih runner up tolak peluru Putra dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Sebagai informasi, penyelenggaraan 2023 merupakan musim kedua bagi Aril ikut serta. Sebelumnya, Aril juga sukses melenggang ke babak National Championship 2022. 

7. Aufar Fadilah Dwi Caksono (SMAN 2 Madiun)

Cerita unik hadir pada Aufar Fadilah Dwi Caksono. Siswi SMAN 2 Madiun tersebut berhasil meraih juara dan pecah rekor di nomor lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Aufar sukses mencatatkan lompatan sejauh 4,95 meter. Yang membuatnya berhasil melaju ke babak National Championship. 

Musim lalu, Aufar juga menjadi salah satu peserta yang bersaing di National Championship. Namun ia bersaing di nomor 100m putri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES