Skuad SMAN 4 Malang saat berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship

Tim estafet SMAN 4 Malang akan kembali berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Diwakili oleh Mutiara Fayola Widi, Nadya Dwi Sanjaya Putri, Regina Aura Kurniawati dan Ardelia Cahyarini Ananda, sekolah tersebut siap bersaing di nomor relays 4x100 meter putri.

Regina Aura Kurniawati menyebut bahwa skuad dan sekolahnya sangat menantikan gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Apalagi, musim lalu SMAN 4 Malang memborong gelar juara di babak National Championship. Yakni juara untuk 100 meter putri dan 3rd place untuk relays 4x100 meter putri. 

"Buat comeback tahun ini ngerasa seneng banget karena lomba lagi dengan tim yang sama seperti tahun kemarin. Tentunya kami berharap bisa membawa nama SMAN 4 Malang kembali lagi meraih juara umum dengan perolehan medali terbanyak," tutur Regina. 

Untuk mempersiapkan diri menghadapi musim baru, Regina dan timnya tak pernah absen melakukan latihan. Rutin seminggu tiga kali. Meskipun terhalang ujian sekolah, skuad SMAN 4 Malang berkomitmen untuk rajin berlatih agar teknik dan speed yang ditampilkan dapat maksimal. 

Baca Juga: 7 Sekolah Juara yang Bakal Comeback di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

"Dan kita juga tahu, kalau tahun ini akan lebih banyak peserta baru yang ikut bersaing, dan kita juga tidak bisa mengganggap remeh lawan kita yang tahun lalu, dengan itu maka aku dan tim juga telah mempersiapkan usaha terbaik dan sebaik mungkin," terangnya. 

Menurut Regina, ini akan menjadi kedua kalinya bagi SMAN 4 Malang ikut serta dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Di musim baru ini, sekolah tersebut mengirimkan total sepuluh peserta. Yang akan bersaing di relays sektor putra dan putri, middle distance 1.000m dan lompat jauh. 

"Skuadnya sama seperti tahun lalu. Ada 10 peserta dari SMAN 4 Malang. Hanya saja yang 2 di musim lalu sudah lulus, dan untuk sekarang kita sudah menyiapkan 2 peserta lagi buat ikut di musim ini," ungkap Regina. 

Tak lupa, Regina juga mengapresiasi penyelenggaraan SAC Indonesia. Terlebih karena ajang ini memberikan kesempatan besar bagi pelajar non atlet untuk bersaing. 

"Saya rasa, aturan yang di berikan SAC sangat menguntungkan karena adanya pembatasan bagi peserta yang pernah bersaing di event besar lain, jadi itu membuka kesempatan bagi kami yang belum merasakan berkompetisi," tandasnya. 

Baca Juga: SMAN 9 Surabaya Kembali Bersaing di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES