Salah satu skuad SMAN 9 Surabaya yang bersaing di SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers sudah di depan mata. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu siap diselenggarakan pada 8-10 Desember 2023. Yang akan diadakan di Lapangan Thor, Surabaya, Jawa Timur. 

East Java Qualifiers menjadi salah satu regional qualifiers yang paling dinantikan dalam keseluruhan penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Pasalnya, jajaran student athlete Jawa Timur termasuk mendominasi dalam penyelenggaraan SAC Indonesia 2022. 

Buat kamu yang penasaran dengan persaingan musim ini, berikut adalah jajaran sekolah yang akan bersaing di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers: 

1. SMAN 18 Surabaya

SMAN 18 Surabaya akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Diwakili oleh Katarina Devi Dhurandhari Hayun Gupita, SMAN 18 Surabaya akan kembali bersaing di nomor lompat jauh putri. Katarina merupakan runner up lompat jauh putri East Java Qualifiers 2022. 

2. SMAN 9 Surabaya

SMAN 9 Surabaya siap kembali menaklukan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan kembali bersaing di nomor relays 4x100 meter putri. Mengingat musim lalu SMAN 9 Surabaya menjuarai nomor tersebut. 

Saat melaju ke babak National Championship, SMAN 9 Surabaya bersaing ketat dengan SMKN 1 Bawang, Banjarnegara. Sayangnya, sekolah tersebut finis kedua dan menyabet gelar runner up. Tahun ini, SMAN 9 Surabaya akan kembali dengan formasi yang lebih kuat. Plus, dengan latihan yang lebih ketat. 

3. SMA Sejahtera 1 Surabaya

Memiliki Sulaifan Fathkurizqi Al Rasyid, SMA Sejahtera 1 Surabaya berhasil menyabet gelar runner up di Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers. Dengan prestasi tersebut, SMA Sejahtera 1 Surabaya kembali bersaing di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Dafa Akbar Setiawan dan Damar Adi Putra akan mewakili SMA Sejahtera 1 Surabaya. 

Baca Juga: Pelajar Jatim Siap-siap, Pendaftaran SAC Indonesia East Java Qualifiers Dibuka

4. SMAN 4 Malang

SMAN 4 Malang siap berprestasi di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Sekolah tersebut bahkan comeback dengan beberapa peserta. Sekolah tersebut akan bersaing di beberapa nomor di antaranya relays 4x100 meter, long jump dan middle distance 1000m. 

5. MAN 5 Bojonegoro

MAN 5 Bojonegoro akan kembali berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan kembali menurunkan wakil-wakil terbaiknya. Khususnya untuk bersaing di middle distance. 

6. SMAN 1 Ponorogo

SMAN 1 Ponorogo berhasil mendominasi di nomor tolak peluru putra Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers. Tahun ini, sekolah tersebut akan kembali dengan wakil yang sama. Aril Supriyanto, pemegang runner up di nomor tolak peluru East Java Qualifiers, akan kembali bersaing di nomor yang sama.

Energen Champion East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

7. SMAN 1 Glagah Banyuwangi

SMAN 1 Glagah Banyuwangi siap bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan kembali berlaga di nomor relays 4x100 meter putra. 

Pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers, SMAN 1 Glagah Banyuwangi berhasil meraih podium pertama untuk relays 4x100 meter putra. Bahkan, sekolah tersebut sempat memegang rekor, sebelum digeser oleh MAN 2 Gresik dan SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. (*)

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES