Keseruan Mini Kanga's di Roadshow Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Kepala SDN Pacar Keling 1 Surabaya, Darmi S.Pd., berharap Energen Champion SAC Indonesia akan seperti kompetisi basket DBL Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Darmi usai roadshow East Java Qualifiers di sekolahnya digelar pada Rabu, 29 November 2023. Menurutnya, SAC Indonesia jika digelar secara rutin akan memiliki pengembangan yang pesat. 

"Dengan adanya acara ini, tentunya bakat-bakat baru di dunia atletik dapat tergali. Apalagi, regulasinya menyebut bahwa atlet profesional dilarang untuk ikut. Sehingga bibit-bibit baru diharapkan dapat ditemukan," kata Darmi. 

Darmi mengatakan bahwa roadshow seperti yang digelar oleh Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers perlu untuk rutin diselenggarakan. Pasalnya, kegiatan seperti ini dapat mendekatkan anak-anak ke olahraga atletik. "Dengan seperti ini, anak-anak juga dapat semangat mengikuti lomba," lanjut Darmi. 

SDN Pacar Keling 1 Surabaya menjadi salah satu sekolah yang mengajarkan atletik pada anak-anaknya. Hanya saja masih melalui kurikulum. Sehingga, roadshow yang digalakan oleh SAC Indonesia menjadi salah satu cara agar anak-anak lebih menyukai olahraga atletik. 

"Sehingga ketika tahu ada SAC itu sangat senang. Saya rasa kompetisi ini sangat bisa berkontribusi dalam pengembangan olahraga atletik. Pengalaman pribadi saya ya, anak saya itu kemarin di SMPN 9 Surabaya diseleksi untuk SAC, setelah seleksi di sekolah, akhirnya sekarang setiap sore dia berlatih terus. Nah, artinya anak bisa termotivasi dengan adanya SAC," tandas Darmi. 

Baca Juga: SMAN 1 Tarik Kembali Bersaing di SAC Indonesia, Lebih Semangat Karena Roadshow!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers akan diselenggarakan pada 8-10 Desember, di Lapangan Thor, Surabaya. 

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES