Aksi Audric Xavier Richardo dalam babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Begitu pepatah yang pas menggambarkan Audric Xavier Richardo, peringkat pertama nomor lomba middle distance 800 meter sektor putra ajang Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers.

Yup, hobi olahraga siswa kelas sembilan SMP Petra Acitya tersebut berasal dari sang ayah, Elvan Richardo. Betul, ayahnya adalah jawara event Mainspeda East Java Journey 2023 kategori men pair. Ketika itu ayah dari Audric bersepeda mengelilingi Jawa Timur. Ternyata hobi berolahraga berhasil ditularkan oleh sang ayah ke anaknya.

"Hahaha ya sepertinya hampir mirip sama papanya. Sama-sama suka olahraga. Dulu main sepatu roda, terus sepedaan juga. Baru tahun ini fokus lari," ujar sang ayah.

Betul. Sebelumnya Audric lebih dulu menekuni dunia sepatu roda. Ketimbang berlari. Meski begitu prestasi demi prestasi berhasil diukir oleh buah hati tercinta.

"Sebenarnya dia (Audric) itu fokusnya di maraton. Tapi, kan gak ada di SAC. Ya, mungkin karena dia sudah terlatih soal endurance sama pace di sepatu roda, jadinya waktu coba lari gak perlu adaptasi banyak," ungkapnya.

Yup, ini merupakan tahun pertama Audric terjun di ajang SAC Indonesia. Dirinya langsung menyabet podium pertama dalam nomor lomba middle distance 800 meter putra dengan catatan 2 menit 11,89 detik.

"Sebenarnya ya iseng aja ikut SAC ini. Apalagi ini tahun pertama juga kan. Gak menyangka bisa dapat hasil terbaik. Semoga aku bisa konsisten terus," ujar Audric.
Menurut cowok yang tahun depan berseragam putih abu-abu ini berlari merupakan bagian penting dalam kegiatan sehari-hari.

"Olahraga itu penting banget. Apalagi buat aku yang masih muda. Lari itu rasanya olahraga paling mudah dan banyak manfaatnya. Bisa nguatin nafas, metabolismenya juga sehat. Banyak lah manfaatnya," terangnya.

Audric Xavier masih punya peluang untuk mengukir banyak prestasi. Utamanya di panggung Energen Champion SAC Indonesia. Ia masih duduk di bangku SMP. Tahun depan ia janji bakal kembali ke lintasan lari ajang SAC Indonesia.

"Pastinya ikut lagi. Tapi kan sudah geser ke kategori SMA. Ditunggu saja," tandasnya.

Baca Juga: SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers Tuntas, Ada 3 Pecah Rekor!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES