Aril Supriyanto (tengah) usai melakoni UPP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers

Aril Supriyanto siap bertolak ke Surabaya, Jawa Timur. Siswa SMAN 1 Ponorogo itu akan bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Tepatnya di nomor tolak peluru putra. 

Usai meraih gelar runner up dalam penyelenggaraan musim perdana, Aril siap berlaga di musim baru dengan persiapan yang lebih matang. Apalagi, Aril meyakini bahwa persaingan musim baru akan lebih berat dibandingkan penyelenggaraan 2022. 

"Sebenarnya untuk persiapan tahun ini sudah lama. Tetapi sekitar dua bulan baru rutin latihannya SAC. Satu minggu try out sebanyak tiga kali. Dan tiga minggu sebelum perlombaan itu latihanya ditambah jadi satu minggu enam kali," ujar Aril. 

SAC Indonesia 2023 akan menjadi kali kedua bagi Aril bersaing di kompetisi atletik tingkat Jawa Timur. Setelah menyabet gelar runner up, ia pun melenggang ke babak National Championship 2022. Yang diselenggarakan di Jakarta pada Januari 2023 lalu. 

Baca Juga: 7 Sekolah Juara yang Bakal Comeback di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

"Aku berharap tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Karena tahun kemarin nggak menyangka juga bisa sampai ke level National Championship. Di Jakarta seneng banget bisa ketemu anak-anak Indonesia lainnya dan langsung ketemu Presiden Joko Widodo," terang Aril. 

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES