Skuad SMAN 9 Surabaya usai bersaing di babak National Championship, pada Januari 2023 mendatang

SMAN 9 Surabaya akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan mengirimkan lebih banyak wakilnya di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. Yang rencananya digelar di Lapangan Thor, Surabaya, Jawa Timur. Tepatnya pada 8-10 Desember 2023. 

Tahun ini, SMAN 9 Surabaya akan bersaing di relays 4x100 meter, middle distance 1.000 meter dan sprint 100 meter. Bahkan, musim ini sekolah tersebut mengirimkan dua skuad estafet. Yang tentunya bisa kembali membuka peluang juara lebih besar untuk SMAN 9 Surabaya. 

Alivia Nanda Rahmania, salah satu srikandi SMAN 9 Surabaya, mengaku senang dapat kembali bersaing di SAC Indonesia 2023. Apalagi tahun ini merupakan tahun terakhirnya bersaing di SAC Indonesia. Alvi -panggilannya- mengatakan akan memberikan penampilan yang maksimal tahun ini. 

"Aku berharap perlombaan ini berjalan lancar dan sesuai dengan ekspektasiku," terang Alivia. 

Baca Juga: Sindu dari SMK PGRI Cepu Sebut Wakil East Java Bisa Jadi Saingan Berat

Pada penyelenggaraan SAC Indonesia 2022, SMAN 9 Surabaya berhasil menyabet gelar juara relays 4x100 meter putri. Skuad sekolah tersebut kemudian melaju ke babak National Championship. Dan berhasil meraih runner up, finis di belakang SMKN 1 Bawang Banyuwangi. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers, SMAN 9 Surabaya telah memberikan latihan dengan maksimal. Bahkan jauh sebelum East Java Qualifiers musim baru dimulai. "Kita persiapan latihannya dari dua bulan. Terus untuk latihanya satu minggu  itu 3 kali tetapi anak-anak sendiri latihanya di club-nya masing," kata Alivia. 

Alivia mengatakan bahwa persaingan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers tampaknya akan lebih ketat. Mengingat banyaknya sekolah baru yang mendaftar. Terlebih, catatan dari lima qualifiers sebelumnya lebih tajam dibandikangkan penyelenggaraan SAC Indonesia 2023. "Tahun ini lumayan deg-degan. Apalagi SAC ini uda banyak orang tahu juga," lanjut Alivia. 

Baca Juga: 7 Sekolah Juara yang Bakal Comeback di SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES