Kelvin Kiptum (World Athletics) saat berhasil finis di perlombaan marathon 42 Kilometer

Pemegang rekor dunia untuk lari maraton, Kelvin Kiptum, siap menghadapi Eliud Kipchoge dalam perlombaan maraton tahun depan. Dilansir dari Nation, Kelvin akan bersaing dengan dua kali juara Olimpiade untuk lari maraton dalam Paris Olympics 2024. Nantinya, Kelvin akan mewakili negaranya di kompetisi tersebut. 

Sebagaimana diketahui, Kiptum baru saja menjuarai Chicago Marathon 2023, yang digelar pada Minggu, 8 Oktober. Dalam perlombaan tersebut, Kiptum berhasil finis dengan catatan waktu 2:00:35. Mengalahkan perolehan Eliud Kipchoge saat berlaga di Berlin Marathon dengan catatan waktu 2:01:09. 

Pelari berusia 23 tahun tersebut menjadi satu-satunya pria yang berhasil menyelesaikan perlombaan lari maraton 42 Kilometer di bawah waktu 2 jam 1 menit. Dan bisa memperpendek waktu tersebut dengan usianya saat ini yang lebih muda. 

Saat membicarakan karier dan kompetisi ke depannya, Kiptum mengaku tak sabar menghadapi Eliud Kipchoge. Apalagi, mereka merupakan pelari yang berasal dari negara yang sama. 

Baca: Kenalan Sama Kelvin Kiptum, Pemecah Rekor Eliud Kipchoge di Chicago Marathon

"Sangat menyenangkan bisa bertemu Kipchoge yang menginspirasiku di banyak hal. Aku siap untuk bersaing melawannya," kata Kiptum. "Selalu menjadi mimpiku bisa bersaing untuk Kenya. Aku sangat siap melakukan itu di Paris Olympics 2024."

Menurut Kiptum, menjadi pemegang rekor dunia merupakan mimpinya sejak lama. Ia telah mempersiapkan hal ini untuk Chicago Marathon dan kompetisi-kompetisi lainnya. "Namun ternyata itu terjadi di Chicago Marathon. Mimpiku akhirnya menjadi kenyataan. Aku sangat bahagia," tandasnya. 

Kiptum menyebut sangat mungkin dirinya bisa menyelesaikan perlombaan lari maraton dengan catatan waktu di bawah dua jam. Dengan latihan yang baik dan persiapan yang matang, Kiptum yakin bisa memecahkan waktunya kembali dengan lebih tajam. "Semuanya mungkin terjadi jika kamu latihan dengan sungguh-sungguh," kata Kiptum.  (*)

  RELATED ARTICLES