Aditia Putra Meilala saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesaia 2023 Sumatera Qualifiers

Aditia Putra Meilala tak menyangka. Dirinya berhasil berada di posisi runner up lari jarak menengah Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Siswa SMA Masehi Biru Biru itu tampil cemerlang dengan perolehan 2 menit 55,19 detik di babak final. Meskipun perolehannya luar biasa, Aditia merasa tak menyangka.

"Karena tahun kemarin saya di posisi 17. Masuk final pun nggak bisa. Saya bangga tahun ini bisa masuk final. Dan jadi runner up pula," kata Aditia. "Sempat hampir nangis saya tahun lalu itu. Tahun ini terbayar lunas."

Aditia senang dapat memperoleh prestasi dari cabor atletik yang sudah lama ia tekuni. Bahkan di nomor yang ia sukai. Aditia menyebut bahwa semua prestasinya ini tak lain berkat sang ayah, yakni Antonius Meilala. Yang juga berperan sebagai pelatihnya. "Ayah saya memang pelatih. Dan dulu melatih abang saya (yang juga atlet). Dari situlah saya mulai tertarik ikut," terang Aditia. 

Aditia awalnya turun di nomor lari jarak pendek. Lalu berhenti. Pun pernah mencoba jalan cepat. Tapi juga berhenti. Sederhana alasannya, karena perlombaan jalan cepat jarang digelar. Sementara di lari jarak pendek persaingannya luar biasa ketat. "Terus ayah menyarankan agar kembali lomba lari saja, akhirnya ya sudah saya lomba lari," kata Aditia. 

Baca Juga: SMAN 1 Kabanjahe Perkasa di Lari 1.000 Meter Putra

Karena itu, segala perkembangan Aditia selalu didukung oleh sang keluarga. Khususnya oleh Ayah. Ia berjanji akan tampil dengan maksimal dalam babak National Championship."Ingin serius di atletik dan banggakan keluarga yang telah menemani dari 0," tandas Aditia.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah menuntaskan penyelenggaraan qualifiers perdana. Di Sumatera Qualifiers, kompetisi ini diikuti oleh 6023 pelajar yang berasal dari 350 sekolah. Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers diselenggarakan pada 1-3 September 2023.  

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES