Kelvin Kiptum usai berlaga di Chicago Marathon pada Minggu, 8 Oktober 2023

Nama Kelvin Kiptum menjadi trending sejak Minggu, 8 Oktober 2023. Pelari berusia 23 tahun asal Kenya itu baru saja memecahkan rekor dunia lari maraton di Chicago Marathon 2023. Kiptum secara resmi mencatatkan waktu finis 2:00:35. Hanya selisih 34 detik dari rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh Eliud Kipchoge dengan waktu 2:01:09.

Kiptum telah mengikuti tiga kompetisi maraton paling bergengsi di dunia dalam 10 bulan terakhir. Ia mencatatkan tiga dari enam waktu tercepat dalam sejarah. Yakni 2:01:53 di Valencia, Spanyol, Desember lalu, diikuti oleh 2:01:25 di London pada bulan April.

Kiptum berhasil menggeser posisi Kipchoge yang berusia 38 tahun sebagai pelari maraton terbaik dunia. Kipchoge, yang memegang penghargaan tersebut selama hampir satu dekade terakhir, mengajukan tawaran tahun depan untuk menjadi orang pertama yang memenangkan tiga maraton Olimpiade.

Kipchoge adalah satu-satunya orang yang diketahui mampu berlari sejauh 26,2 mil (42 kilometer) dalam waktu kurang dari dua jam. Namun hal itu tidak dilakukannya dalam perlombaan yang memenuhi syarat rekor. Pada tahun 2019, ia mencatatkan waktu 1:59:40.2 di kompetisi maraton khusus di Wina, Austria.

Baca Juga: Mengenal Eliud Kipchoge, Pelari Maraton Terbaik di Dunia

Kiptum dan Daniel Kibet Mateiko memang tampil maksimal selama perlombaan Chicago Marathon 2023. Namun, keduanya sempat berada di luar rekor kecepatan dunia ketika setengah jalan dalam waktu 1:00:48. Namun, baru setelah Kiptum menuntaskan jarak 10 kilometer lagi, Kiptum berhasil mengejar kecepatan Kipchoge.

Di jarak antara 30-35 kilometer, Kiptum telah menunjukkan tanda-tanda akan finis di bawah waktu 2:01 dan dirinya terus berlari tanpa berhenti. "Saya merasa sangat bahagia. Saya sudah siap. Saya tahu saya akan memecahkan rekor lapangan, tapi ternyata itu adalah rekor dunia," kata Kiptum dalam wawancara pasca perlombaan.

"Rekor dunia sebenarnya tidak ada dalam pikiran saya saat ini, namun saya tahu suatu saat, suatu hari nanti saya akan menjadi pemegang rekor dunia." (*)

  RELATED ARTICLES