Perlombaan lari dalam Bali Marathon

Bali Marathon adalah kompetisi lomba lari maraton tahunan yang diselenggarakan sejak 2012 di Kabupaten Gianyar, Bali. Kompetisi ini juga disebut sebagai lomba lari maraton terbesar dan paling bergengsi di Indonesia. 

Untuk Indonesia, Bali Marathon juga berperan sebagai salah satu alat wisata utama olahraga (main sport tourism) Indonesia. Ajang ini tidak hanya menjadi tempat berlaga bagi para peserta lari tetapi juga melibatkan rute dengan keindahan alam Indonesia dan keluarga yang berlibur ke Bali. Apalagi, kompetisi ini juga mendapatkans sentuhan kebudayaan Bali dan keramahan masyarakatnya. 

Baca Juga: Mengenal Enam Event Lari Marathon dalam World Marathon Majors

Sejak 2012, Bali Marathon menjadi lomba lari maraton pertama di Indonesia yang secara resmi menjadi official race directory Boston Marathon. Pada 2020, Bali Marathon menjadi kompetisi lari maraton pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan Elite Label dari World Athletics. Dengan demikian, Bali Marathon menjadi satu-satunya kompetisi di Tanah Air yang masuk dalam kalendar World Athletics. 

Bali Marathon juga telah meraih berbagai penghargaan, salah satu di antaranya adalah “Remarkable races in the world that one must participate before you die” by The Active, dan dinobatkan sebagai satu dari “The 52 Best Races on Earth 2016” oleh Runnersworld, Best Marathon 2016, dan the Most Popular Sport Event 2018 oleh majalah the Venue.

Baca Juga: 4 Event Marathon Paling Bergengsi di Indonesia

Memiliki World Label Road Race

Setelah adanya peningkatan kualitas pelaksanaan, Bali Marathon berhasil meraih ‘Elite’ Label Road Race dari World Athletics, yakni sebuah organisasi internasional yang mengatur dan mengawasi penyelenggaraan kompetisi cabang olahraga atletik di seluruh dunia.

Bali Marathon mendapatkan lisensi tersebut setelah memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan dan diverifikasi oleh World Athletics. 

Persyaratan yang telah dipenuhi oleh Bali marathon di antaranya: jarak tempuh serta rute yang telah disertifikasi oleh official course measurer dari Association of International Marathons and Distance Races (AIMS), road closure, sistem pencatatan waktu, kehadiran pelari elit internasional, medical, liputan media, standarisasi kenyamanan dan keselamatan pelari serta kepatuhan terhadap seluruh regulasi lomba yang ditetapkan oleh World Athletics.

Dengan diraihnya label ‘Elite’, Bali Marathon merupakan ajang lomba lari pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi tersebut dan menjadi bukti bahwa Bali Marathon memenuhi standar internasional serta mampu mengangkat Indonesia di kancah lomba lari maraton dunia. (*)

  RELATED ARTICLES