Benson Kipruto saat bersaing di Tokyo Marathon 2024

Nama Benson Kipruto sedang melejit di dunia Marathon. Pelari jarak jauh asal Kenya tersebut memenangkan Tokyo Marathon 2024 dengan waktu 2 jam 2 menit 16 detik. Catatan waktu itu begitu mengesankan. Membuat nama Kipruto kini menjadi sosok yang diperhitungkan untuk bersaing dengan Eliud Kipchoge, salah satu pelari maraton terbaik lainnya. 

Saat disinggung soal keberhasilannya di Tokyo Marathon 2024, Kipruto mengaku tidak menyangka. Namun, dirinya memang percaya diri terhadap hasil latihannya. 

"Saya tidak tahu bahwa ini akan menjadi rekor pribadi saya, tetapi saya sangat senang dengan lomba ini, saya memang sudah siap. Saya tahu itu sangat cepat. Saya berlatih untuk itu dan saya siap untuk apa pun yang mungkin terjadi," kata Kipruto. 

Lahir dari Rift Valley, salah satu desa penghasil pelari kelas dunia, karier Kipruto di lari maraton sebenarnya telah dimulai pada 2016. Karier tersebut berkembang karena didukung oleh cita-citanya untuk menjadi atlet elit.

Baca Juga: Tokyo Marathon Bisa Menjadi Inspirasi Sport Tourism Indonesia

Baru berusia 33 tahun, Kipruto telah mendapatkan beragam personal best (PB) di hampir semua maraton yang diikutinya dan juga berhasil mencapai posisi teratas di beberapa kompetisi. 

Nama Kipruto mulai dikenal pada 2016, ketika ia menempati posisi kedua dengan waktu yang 2 jam 13 menit 24 detik di Athens Classic Marathon. Melanjutkan performa impresifnya, Kipruto finis keempat di Praha Marathon dengan waktu 2 jam 9 menit 51 detik pada 2017.

Kipruto merebut tempat kedua di Gongju Dong-A Marathon pada 2017, menyelesaikan perlombaan dalam waktu 2 jam 7 menit 21 detik. Ia memenangkan Toronto Waterfront Marathon 2018 dengan waktu 2 jam 7 menit 24 detik dan Prague Marathon 2021 dengan waktu 2 jam 10 menit 16 detik.

Baca Juga: Cara Mengikuti Enam Event Lari Marathon dalam World Marathon Majors

Pada 2021, ia memenangkan Boston Marathon ke-125 dan Chicago Marathon 2022 dengan waktu masing-masing 2 jam 9 menit 51 detik dan 2 jam 4 menit 24 detik.

Pada 2023, ia menempati posisi kedua di Chicago Marathon 2023, dengan waktu terbaik 2 jam 4 menit 20 detik. Ia hanya lebih lamat 3 menit dari mendiang Kelvin Kiptum, yang memecahkan rekor dunia lari maraton di kompetisi tersebut.

Saat ini, Benson Kipruto merupakan salah satu pelari yang bakal menjadi pesaing besar dari Eliud Kipchoge, salah satu pelari dalam sejarah dunia, di beberapa kompetisi maraton dunia. 

"Saya tidak tahu apa yang terjadi pada (Kipchoge) dan saya belum bertemu dengannya sampai sekarang, yang jelas saya sangat senang dengan rekor hari ini. Itu cukup cepat untuk sebuah rekor dan saya senang dengan hari ini," tambahnya. (*)

  RELATED ARTICLES