Aksi Robi Syanturi saat bersaing di Tokyo Marathon 2024, Minggu, 3 Maret 2024

Robi Syianturi baru saja mengukir prestasi membanggakan untuk Indonesia di Tokyo Marathon 2024, yang digelar di Tokyo, pada 3 Maret 2024. Pelari asal Belitung tersebut mampu menjadi finisher ke-100 debutnya di Tokyo Marathon. 

Robi berhasil menjawab tantangan Tokyo Marathon 2024 dengan menuntaskan 42,195 Km dalam waktu 2 jam, 24 menit dan 18 detik. Robi berada di peringkat 100 dari total 38.000 peserta Tokyo Marathon. Baik yang non elite dan elite. 

Baca Juga: Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat

Perolehan waktu Robi Syianturi di kompetisi tersebut tentunya menjadi personal best (PB) tersendiri. Pencapaian tersebut sesuai dengan target waktu dan kategori yang dia ikuti untuk Tokyo Marathon 2024, sub-2 jam 30 menit. 

"Dengan persiapan terhitung efektif, Hanya 8 minggu tidak menjadi halangan bagi saya memberikan hasil terbaik di kesempatan marathon yang ke-3 ini. Ini juga sekaligus menjadi puncak volume latihan tertinggi di persiapan umum nomor 5.000m dan 10.00m menuju PON bulan September nanti," tutur Robi. 

Baca Juga: Tokyo Marathon Bisa Menjadi Inspirasi Sport Tourism Indonesia

Menjadi finisher di salah satu World Marathon Majors bukanlah hal yang mudah. Setiap tahunnya, puluhan ribu orang berusaha menjadi yang terbaik dalam kompetisi tersebut. 

Robi Syanturi merupakan salah satu atlet berprestasi Indonesia. Ia merupakan peraih medali perunggu untuk Indonesia untuk nomor 5.000m. Ia juga berlompetisi mewakili Indonesia di Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok. 

Baca Juga: Mengenal Enam Event Lari Marathon dalam World Marathon Majors

Robi bukanlah satu-satunya orang yang turut serta di Tokyo Marathon 2024. Ada juga Mahful Ipul dan Teguh Martyan, pelari asal Indonesia yang juga memecahkan waktu 3 jam. Mahful berhasil mencatatkan waktu 2 jam 56 menit dan 34 detik. Sedangkan Teguh Martyan sukses memecahkan waktu 2 jam 56 menit dan 58 detik. 

Tokyo Marathon adalah kompetisi olahraga maraton tahunan di Tokyo, Jepang. Kompetisi ini merupakan salah satu maraton Label Platinum dari World Athletics dan menjadi salah satu dari enam World Marathon Majors. Jajaran kompetisi maraton terbesar di dunia. (*)

  RELATED ARTICLES