Sosok Bayanillah usai menerima medali di invitasi Athletics West Track and Field State Championship

SMAN 7 Cirebon menjadi satu-satunya sekolah juara National Championship yang memegang dua rekor SAC. Adalah Bayanillah yang berhasil memegang rekor tolak peluru SAC dengan catatan lemparan 14,66 meter. Dan Vira Chazinatuss'ab, yang sukses memegang rekor SAC middle distance, 1.000m putri, dengan catatan waktu 3 menit 20,78 detik. 

Bayanillah mencatatkan rekor 14,66 meter di penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia   2022 National Championship. Bayan -begitu dirinya kerap disapa- tampil memukau di final tolak peluru putra, di Stadion Madya, GBK, Jakarta pada 13 Januari 2023. Catatan lemparannya saat itu berhasil menandingi milik Rifqi Adi Saputra dari MA Al I'anah Playen dengan catatan 13,63m. 

Mendengar bahwa SMAN 7 Cirebon back to back champion di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship, Bayan mengaku senang. Pasalnya, sekolah SMAN 7 Cirebon begitu berprestasi di nomor tersebut. 

Sosok Vira saat finis pertama di final Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Baca Juga: Debut di SAC 2023, Lintang dari SMA Taalamul Huda Bumiayu Raih Podium NatChamp

"Saya senang karena dari SMAN 7 Cirebon ada yang lolos satu kali lagi. Semoga tahun berikutnya ada yang juara lagi dari sekolah," kata Bayanillah. 

Bayan menilai bahwa Vira memang memiliki banyak peluang untuk meraih juara di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Hal tersebut dikarenakan Vira menjadi salah satu skuad SMAN 7 Cirebon yang rajin berlatih. "Vira memang dipersiapkan dengan matang sih buat National Championship 2023," terang Bayan. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Lingga Sevtiadzi. Pelatih dari Vira dan Bayan itu memang telah melihat kemajuan yang pesat dari kedua anak didiknya saat bersaing di SAC Indonesia 2023. "Sama Vira memang perjuangan banget. Bersyukur bisa berkontribusi satu lagi dari SMAN 7 Cirebon tahun ini. Tahun depan semoga ada satu lagi," kata Lingga, saat ditemui usai final National Championship. 

Baca Juga: 3 Sekolah Ini Kembali Raih Podium di National Championship 2023

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tuntas digelar. Itu merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan international training camp ke Tiongkok.  

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES