Perlombaan 100m putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Lintang Yulia Prasasti dari SMA Taalamul Huda Bumiayu berhasil mencuri perhatian. Salah satu kontingen Central Java Qualifiers itu berhasil meraih podium ketiga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Lintang berhasil menjadi pelari tercepat ketiga 100m putri dengan catatan waktu 13,13 detik. Kerennya, ini menjadi debut SAC Indonesia pertama milik Lintang. 

"Saya memang baru satu tahun di atletik. Dan awalnya bakat saya di atletik diketahui oleh guru olahraga saya di sekolah. Karena saat penilaian olahraga bidang atletik, saya spesifik punya bakat di 100m. Dan paling cepat di antara yang lain. Dan direkomendasikan lah oleh guru saya untuk SAC," kata Lintang. 

Menurut Lintang, SAC Indonesia merupakan ajang pencarian dan pengasahan bakat atletik teraik bagi para pemula seperti dirinya. Lintang juga melihat banyak pelajar muda di Indonesia yang memiliki kemampuan hebat namun belum memiliki kesempatan untuk masuk dalam diklat khusus, seperti SKO atau PPLP. 

"Ya, SAC Indonesia ini salah satu jalannya. Jadi peserta bisa bersaing lebih imbang dengan peserta yang lain. Secara keseluruhan, SAC juga lebih meriah dibandingkan yang lain di event serupa, apalagi ada reward ke luar negeri. Harapannya, SAC bisa merata dari Sabang sampai Merauke," terang Lintang. 

Lintang merupakan peraih 2nd place 100m putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Ia kemudian bersaing di babak National Championship dan menghuni podium ketiga. 

Awalnya, Lintang merasa sedikit kecewa. Karena dirinya berhasil memimpin penyisihan 100m, namun posisinya menurun di klasemen final. "Tapi saya sangat bersyukur. Dan Alhamdulillah saya meraih posisi podium ketiga dan harus puas mendapatkan perunggu, apalagi ini merupakan SAC pertama saya," lanjut Lintang. 

Selanjutnya, Lintang masih akan fokus untuk mengikuti perlombaan 100m. Namun, ia akan fokus untuk bidang akademik beberapa waktu lalu. "Ngejar ketertinggalan pelajaran. Karena kalau ada event aku benar-benar latihan di tempat training camp. Jadi nggak ikut pelajaran. Termasuk SAC ini," kata Lintang. 

Baca Juga: 7 Debutan Ini Berhasil Rebut Gelar Juara di National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tuntas digelar. Itu merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan international training camp ke Tiongkok.  

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES