Skuad SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang usai memecahkan rekor relays 4x100m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers adalah salah satu qualifiers paling berkesan dari keseluruhan penyelenggaraan SAC Indonesia 2023. Pasalnya, qualifiers ini diwarnai banyak fakta dan kejadian menarik. Kira-kira apa saja? Berikut SAC Indonesia rangkum untukmu: 

1. Peserta Meningkat Dua Kali Lipat

Peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers meningkat dua kali lipat dari musim sebelumnya. Dari penyelenggaraan 2022 hanya berkisar 2000 peserta, Central Java Qualifiers 2023 berhasil diikuti oleh 4.168 pelajar. Jumlah tersebut dihimpun dari 392 sekolah dari jenjang SD, SMP dan SMA. 

2. Regional Yogyakarta Boleh Mengikuti Central Java Qualifiers

Peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers tak hanya berasal dari Jawa Tengah. Melainkan juga Yogyakarta. Setelah musim lalu Yogyakarta Qualifiers sukses digelar, kini regional qualifiers tersebut digabungkan dengan Central Java Qualifiers. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

3. Epic Comeback SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, Pecah Rekor 4x100m Putra!

SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang berhasil menjuarai Central Java Qualifiers 2022. Kini di musim baru mereka sukses meraih podium di Central Java Qualifiers 2023. Bahkan memecahkan rekor relays 4x100m putra dengan waktu 44,69 detik. Catatan waktu ini menggeser rekor SAC yang sebelumnya dipegang oleh MAN 2 Gresik dengan perolehan waktu 44,87 detik. 

4. Hadir Banyak Juara dari Musim Lalu

Para Champion SAC musim lalu juga hadir di penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Khususnya bagi mereka yang berasal dari Central Java Qualifiers. Misalnya, Salsyabila Aprilianti turut menyaksikan perlombaan tolak peluru putri dan Aziyyati Dina Amalina turut menyemangati para peserta middle distance 1.000m putri. 

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES