Victory Ceremony dari juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship bukan hanya didominasi oleh wajah-wajah lama. Para debutan musim ini juga ada yang berhasil menembus babak puncak. Misalnya, skuad SMAN 8 Kediri dan Jelita Optiani Laoli dari SMA Angkola Selatan yang berhasil meraih juara, dengan status sebagai debutan di SAC Indonesia 2023. Siapa saja wajah-wajah baru, yang berhasil meraih gelar juara di National Championship? Berikut adalah daftarnya: 

1. Dzaky Maulana (SMAN 1 Blitar)

Dzaky Maulana dari SMAN 1 Blitar) merupakan Champion SAC untuk nomor lompat jauh putra di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Ia merupakan salah satu kontingen dari East Java Qualifiers. Yang berhasil menembus babak puncak. Di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Dzaky berhasil mencatatkan lompatan sejauh 6,33 meter. 

2. SMAN 8 Kediri

SMAN 8 Kediri debut di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Sekolah tersebut bersaing di nomor relays 4x100m putri. Digawangi oleh Nathania Novdell Agristina, Febriana Sapta Cahyani Putri dan Ainnasya Alviana dan Sagita Dewi Ayuni Negara, srikandi SMAN 8 Kediri menjuarai nomor tersebut dengan catatan waktu 54,90 detik. 

SMAN 8 Kediri kemudian bersaing dengan formasi yang sama di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Dan meraih juara pertama dengan perolehan waktu 54,46 detik. 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik National Championship 2023

3. Jelita Optiani Laoli (SMA Angkola Selatan)

Jelita Optiani Laoli berhasil meraih podium dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Siswi SMA Angkola Selatan tersebut menempati podium ketiga dengan perolehan waktu 3 menit 24,12 detik. Sebagai informasi, Jelita merupakan juara dari middle distance 1.000m putri Sumatera Qualifiers. Ia bertolak ke Solo, untuk bersaing dengan puluhan juara dari regional qualifiers. 

4. Joan Alexandria (SMA Kesatuan Bogor) 

Joan Alexandria merupakan salah satu debutan yang berhasil meraih podium di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Siswi SMA Kesatuan Bogor tersebut sukses menghuni podium kedua dengan perolehan waktu 3 menit 23,78 detik. Joan sebelumnya juga menempati 2nd place di West Java Qualifiers dengan perolehan waktu 3 menit 25,09 detik. 

5. Juanda Kristian Hutagaol (SMKN 7 Medan)

Juanda Kristian Hutagaol sukses menyabet gelar sebagai Champion SAC di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Siswa SMKN 7 Medan tersebut mencatatkan tolakan sejauh 14,15 meter. Sebeumnya, Juanda merupakan juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers dengan perolehan tolakan 11,78 meter. 

6. Deiya Kurnia (SPMA H. Moenadi)

Deiya Kurnia dari SPMA H. Moenadi sukses merebut gelar juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Deiya berhasil merebut gelar juara di babak puncak di nomor lompat jauh putri dengan perolehan 5,02 meter. Sebelumnya, Deiya merupakan juara lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. 

7. Ahmad Arbi Oktavianda 

Ahmad Arbi Oktavianda merupakan salah satu debutan yang berhasil meraih juara di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Siswa SMKN 1 Rejotangan tersebut berhasil meraih juara 6,30 meter. Ahmad Arbi merupakan debutan di nomor lompat jauh putra, di Energen Champion SAC Indonesia 2023. 

Baca Juga: Juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Diberangkatkan ke Tiongkok

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship tuntas digelar. Itu merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan international training camp ke Tiongkok.  

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES