Perlombaan middle distance 1.000m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship siap diselenggarakan. Babak puncak dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Dan akan berlangsung pada 18-20 Januari 2024 mendatang. Sesuai dengan namanya, National Championship adalah kompetisi atletik pelajar level nasional

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship akan mempertemukan sebanyak total 288 juara regional qualifiers. Jumlah tersebut terdiri dari juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing nomor lomba untuk sektor putra dan putri. Mulai dari sprint, middle distance, relays, long jump hingga shot put. 

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Beberapa juara regional qualifiers yang melaju ke National Championship musim lalu akan kembali bersaing di musim ini, kira-kira siapa saja mereka? Yuk simak daftar lengkapnya berikut ini: 

Sumatera Qualifiers

1. Floren Kristin BR Sinulingga (SMKN 2 Medan) 

Floren Kristin BR Sinulingga adalah juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers di nomot tolak peluru putri. Perlu kalian ketahui, Floren juga merupakan juara SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers. Setelah musim lalu gagal meraih titel Champion SAC di National Championship, Floren Siap kembali bersaing di babak puncak tahun ini. 

2. Novitria Indriarti Hasibuan (SMA Muhammadiyah 9 Aekkanopan)

Novitria Indriarti Hasibuan dari SMA Muhammadiyah 9 Aekkanopan akan bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Ini merupakan kali kedua bagi Novitria berlaga di babak puncak. Novitria berhasil meraih tiket ke Solo setelah meraih posisi runner up di lompat jauh putri Sumatera Qualifiers 2023. Sebelumnya, Novitria merupakan juara nomor yang sama di Suamtera Qualifiers 2022. 

3. Muhammad Deka Pratama (SMK Jambi)

Muhammad Deka Pratama dari SMK Jambi akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Deka meraih back-to-back champion di Sumatera Qualifiers 2023 untuk nomor 100m putra. 

4. Skuad Estafet SMAN 2 Binjai

Skuad estafet SMAN 2 Binjai akan kembali melaju ke babak Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Ini akan menjadi kali kedua bagi SMAN 2 Binjai bersaing di babak puncak setelah musim lalu gagal meraih titel "Champion SAC." 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

West Java Qualifiers

1. Nasywa Athaya (SMAN 1 Ciamis)

Nasywa Athaya dari SMAN 1 Ciamis siap bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Nasywa sebelumnya adalah juara West Java Qualifiers 2022 dan kembali meraih gelar runner up di West Java Qualifiers 2023. 

2. Yanuar Dwicahya Putra (SMAN 1 Beber) 

Yanuar Dwicahya Putra berhasil naik kelas dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Ia berhasil meraih juara pertama di nomor lompat jauh putra. Sebelumnya, Yanuar adalah runner up West Java Qualifiers 2022. Sehingga, ini akan menjadi kali kedua bagi Yanuar bersaing di musim baru 2023. 

3. Vira Chazinatuss'ab (SMAN 7 Cirebon)

Vira Chazinatuss'ab adalah salah satu juara dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Siswi SMAN 7 Cirebon tersebut meraih middle distance 1.000m putri. Ini merupakan kali kedua bagi Vira menjuarai SAC Indonesia. Musim sebelumnya, Vira juga naik podium di nomor yang sama. 

4. SMAN 5 Karawang

Musim ini juga merupakan kali kedua bagi SMAN 5 Karawang melaju ke babak National Championship. Sebelumnya, skuad estafet sekolah tersebut meraih juara pertama di West Java Qualifiers 2022 dan West Java Qualifiers 2023. Skuad SMAN 5 Karawang juga akan diwakili oleh tim yang sama. Yakni Muhammad Gema Dzufa, Dennis Jeremy Yoel Bakulu, Muhammad Radja Ananta dan Muhamad Rafli Maulana Sasmita. 

5. SMAN 27 Bandung

SMAN 27 Bandung kembali menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Setelah musim sebelumnya juga meraih posisi yang sama di relays 4x100m putri. Dengan ini, SMAN 27 Bandung melenggang di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. 

Baca Juga: West Java Qualifiers 2023 Tuntas, 48 Pelajar Siap ke National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES