Perlombaan Kanga's Escape dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship siap menjadi panggung pembuktian para juara regional qualifiers. Babak puncak dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 itu bakal digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Dan akan berlangsung pada 18-20 Januari 2024. 

Meskipun ini merupakan babak puncak bagi juara regional qualifiers tingkat SMA/Sederajat, masih ada beberapa event lainnya yang bakal turut meramaikan National Championship. Berikut daftarnya.

1. Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

National Championship adalah impian bagi semua peserta Energen Champion SAC Indonesia. Ini merupakan babak lanjutan khusus bagi pelajar SMA/SMK setelah mereka meraih juara di babak regional qualifiers. Karena, enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023 telah tuntas, maka National Championship juga akan segera dilaksanakan.

Final National Championship akan melombakan total 288 juara regional qualifiers di masing-masing nomor lomba. Mulai dari middle distance, sprint, relays, longjump dan shot put. Nantinya mereka akan memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC."

2. Pertamina Junior Challenge

Salah satu event yang akan digelar di National Championship adalah Pertamina Junior Challenge. Yakni kompetisi atletik pelajar bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Solo Raya.

Nantinya, para calon peserta dapat mengikuti beberapa perlombaan. Di antaranya kompetisi sprint 60 meter, relays 8x50 meter, Kanga's Escape dan Formula One untuk pelajar SD. Juga kompetisi sprint 80 meter, relays 5x80 meter dan middle distance 800 meter. 

3. Closing Ceremony

National Championship juga akan mengadakan closing ceremony. Sebagai tanda bahwa Energen Champion SAC Indonesia 2023 telah tuntas. Closing ceremony ini akan bersamaan dengan penganugerahan para juara National Championship. 

4. Colloring Challenge

Hadir di enam regional qualifiers, Colloring Challenge juga akan melengkapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Nantinya, lomba mewarnai ini dapat diikuti oleh pelajar yang duduk di bangku TK/Sederajat di Surakarta. 

Nah, itu empat supporting event yang juga bakal hadir di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Jika kamu penasaran dengan keseruan dari empat acara tersebut, kamu bisa langsung menonton Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship di Stadion Sriwedari. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2.000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES