Penggawa SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Bukan satu. Bukan dua. Melainkan tiga. Jumlah SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang pecah rekor relays 4x100m putra dalam satu season penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Juga menjadi satu-satunya sekolah yang pecah rekor tiga kali di SAC Indonesia. 

Digawangi oleh Fahmi Candra Permana, Catur Ridho Saputra, Raka Adi Prayoga dan Denis Teguh Prayitno, pecah rekor pertama terjadi saat penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Saat itu, SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang mematahkan rekor milik juara National Championship 2022, MAN 2 Gresik, dengan catatan waktu 44,69 detik. 

Pecah rekor kedua terjadi di babak penyisihan Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 44,67 detik. Dan kembali menajamkan catatan waktunya di babak final dengan perolehan waktu 44,37 detik. 

"Ceritanya kita bisa pecah rekor, kita selalu meyakini diri kita kalo kita bisa harus percaya diri dalam diri kita sendiri, harus siap mental dan jangan lupa untuk beribadah dan berdoa," kata Denis, kepada Tim SAC Indonesia. 

Pecah rekor tersebut diperoleh SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang dengan latihan konsisten. Mereka menghabiskan waktu enam kali dalam satu minggu untuk melatih kekompakkan dan kecepatan. "Tahun lalu kami juara Central Java Qualifiers 2022. Tapi gagal di final. Lalu kami mencoba lagi di tahun ini," tutur Denis Teguh Prayitno. 

Baca Juga: Juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Diberangkatkan ke Tiongkok

Ini merupakan kali kedua bagi SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang berlaga di Babak puncak, Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Sebelumnnya, sekolah tersebut bersaing di kompetisi yang sama. Namun, belum bisa mengamankan podium juara. 

"National Champions tuh seru banget. Bisa kenal temann teman yang dari berbagai provinsi dan bisa meendapatkan teman baru dan bisa mendappatkan ilmu dari senior senior kita seperti Lalu Muhammad  Zohri, Suryo Agung Wibowo, Bayu Kertanegara dan masih banyak lagi," ungkap Denis. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers.

  RELATED ARTICLES