M. Sayid Qosim (paling kanan) saat bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia telah berjalan dua musim. Musim perdananya, di tahun 2022, sukses besar diikuti lebih dari 31.000 pelajar. Sekolah yang berpartisipasi hampir 2.000 jumlahnya. Nasib musim kedua juga sama. Sukses besar hingga masing-masing qualifiers mengalami peningkatan dari jumlah kepesertaan. 

Banyak wajah-wajah baru yang turut bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia musim ini. Salah satunya adalah M. Sayid Qosim dari SMAN 1 Waled. Yang berhasil meraih podium kedua lompat jauh putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Menjadi debutan di SAC Indonesia rupanya membuat Qosim -panggilannya- sedikit terkejut. 

"SAC itu ibarat jadi "lebarannya" anak atletik. Soalnya, pesertanya banyak dan event-nya sangat besar, aku punya mimpi pengen lomba di stadion yang bagus lintasan yang bagus dan karena SAC, akhirnya tercapai. Bukan cuma nonton tapi ikut menjadi salah satu peserta di situ, keren banget SAC," terang Qosim. 

Karena meraih podium kedua di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, Qosim nantinya akan melaju ke babak National Championship. Yang akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Tepatnya di Stadion Sriwedari. Pada 18-20 Januari 2023. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

"Nanti tentunya akan berusaha menampilkan yang terbaik di National Championship. Sayang sekali kelas 12 dan jadi tahun terakhir. Tapi aku ada cita-cita di dunia atletik, pengen bisa lebih besar dari sekarang, mewakili Indonesia contohnya, impian banget itu," tutur Qosim. 

Qosim berharap SAC Indonesia semakin berkembang. Khususnya bisa memperbanyak nomor lomba. Agar kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini semakin ramai diikuti. "Terus bisa diadakan terus di tahun tahun berikutnya. Agar atletik bisa lebih terpandang lagi untuk masa depan," tandasnya. 

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES