Victory ceremony juara relays 4x100m putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

Energen Champion SAC Indonesia baru saja menyelesaikan musim keduanya. Babak final kompetisi atletik pelajar terbesar itu baru saja digelar di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, mulai 18-20 Januari 2024. Bukan hanya 288 pelajar dari enam regional qualifiers bersaing untuk meraih juara, melainkan para pelatih dari peserta National Championship juga hadir memberikan dukungan terbaik mereka. 

Agus Suryadi, pelatih atletik MAN 2 Gresik, hadir di Stadion Sriwedari untuk mendukung skuad putri sekolah tersebut besaing di babak final relays 4x100m putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Dan meraih posisi ketiga dengan catatan waktu 54,49 detik. "Hari ini anak-anak sudah berjuang sekali, dan saya sebagai pelatih mengapresiasi itu," tutur Agus. 

Agus menyebut bahwa dirinya tak sabar untuk berjumpa dengan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Pasalnya, kompetisi ini mampu membawa para juaranya untuk naik level. Baik di bidang olahraga maupun di bidang akademik. Misalnya saja, beberapa jebolan SAC Idnonesia, mulai dari Yad Hapizudin hingga Abdillah Panca Wiradika, berhasil mengikuti SEA Youth Athletics Championship di Thailand. 

Baca Juga: Juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Diberangkatkan ke Tiongkok

"Terus kemarin beberapa anak MAN 2 Gresik yang juara estafet musim lalu juga beberapa ada yang ditawari masuk universitas negeri. Dan salah satu anak, Dimas (Tri Agung Pamungkas), sudah berhasil diterima di perguruan tinggi. Pastinya tahun depan mau ikut lagi, dengan tim yang lebih baru," kata Agus. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kristianingrum, pelatih atletik untuk SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, Banyumas. Yang baru saja pecah rekor dan meraih juara relays 4x100m putra National Championship. Menurut Kristianingrum, SAC Indonesia merupakan kompetisi bertingkat yang dapat membangkitkan semangat atletik di kalangan anak muda. 

"Anak-anak yang juara ini memang disiplin latihannya. Mereka juga punya target pribadi. Untuk tahun-tahun selanjutnya, semoga SAC Indonesia tetap ada terus. Nanti di belakang mereka ini (skuad SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang) ada dua generasi lainnya," ungkap Kristianingrum. 

Baca Juga: 3 Rekor Pecah! Ini Hasil Lengkap National Championship 2023

Andre Hari Wibowo, pelatih SMAN 1 Bandar Lampung, yang juga meraih gelar 2nd Place di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship untuk relays 4x100m putra, siap kembali mengikutsertakan anak didiknya. "Tahun depan anak-anak ini masih ada kesempatan untuk ikut kembali di SAC Indonesia," kata Andre. "Kami berharap program seperti SAC tetap terus ada. Untuk memfasilitasi anak-anak yang belum bisa masuk level di atasnya."

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di 9 qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Tahun ini meningkat pesat! Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Hanya dari 6 qualifiers.

  RELATED ARTICLES