Aksi Syifa Arian Zulfa, salah satu skuad SMAN 75 saat bersaing di Energen Champion SAC Inondiesia 2023 Jakarta SAC Indonesia

Panggung Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship kurang satu minggu lagi. Perlombaan atletik antarpelajar terbesar se-Indonesia tersebut bakal digelar pada 18-20 Januari 2024 di Stadion Sriwedari, Solo.

Para jawara dan finalis enam qualifiers bakal beradu di lintasan lari untuk menunjukan siapa pemilik sah medali juara. Saat ini setiap kontingen mempersiapkan betul strategi dan fisik mereka agar tampil prima di lintasan.

Baca Juga: 7 Kuliner Mantap Dekat Stadion Sriwedari Solo

Cerita persiapan datang dari kontingen SMAN 75 Jakarta. Yup, pada qualifiers Jakarta Banten, SMAN 75 Jakarta mengirim wakilnya untuk tampil di National Championship ketika mereka berhasil mengisi posisi kedua nomor lomba relays 4x100 meter putri.

Annisa Dwi Arafah, salah satu kontingen dari SMAN 75 Jakarta menjelaskan bahwa timnya sudah siap untuk beradu cepat di lintasan Stadion Sriwedari. “Untuk persiapan sudah sekitar 99 persen. Paling pertama dan penting disiapkan itu mental sih,” ujarnya.

Yup, momen ini bakal menjadi pertama kalinya Annisa Dwi Arafah dan kolega berangkat menuju kota Solo. Menariknya di sini. Meskipun belum tahu pasti kuliner apa yang ada di kota Solo, dia ingin membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Baca juga: Si "Paling Fisika", Briandra Coba Latihan Tolak Peluru Pakai Hukum Newton

“Jujur kurang tahu wilayah Solo sih. Oleh-oleh apa yang khas, cuman mau beli oleh-oleh aja buat orang rumah nanti hahahaha,” ungkapnya.

Kepada kami, Annisa juga menjelaskan bahwa tim relays SMAN 75 Jakarta sudah tidak sabar untuk segera berangkat dan bertemu para jawara dan finalis di qualifiers lain. “Sudah gak sabar. Ketemu sama anak-anak berprestasi. Itu juga jadi kebanggaan kita sih. Tunggu di Solo ya,” terangnya.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES