Sosok Briandra Dwi Setyawanto saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

Sports science beragam bentuknya. Tapi secara umum, istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan pemakaian ilmu sains di bidang olahraga. Hal tersebut lah yang digunakan Briandra Dwi Setyawanto saat mempersiapkan diri menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. 

Briandra adalah pemegang second place tolak peluru putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Siswa SMAN 2 Krakatau Steel Cilegon tersebut berhasil naik podium dengan catatan tolakan sejauh 12,29m. Karena pencapaiannya tersebut, Briandra berhasil maju ke babak National Championship. 

Untuk mempersiapkan diri di babak National Championship, Briandra membeberkan beberapa rahasia latihannya. Salah satunya adalah memakai Hukum Newton saat latihan tolak peluru. Itu dilakukan saat Brian merasa perkembangan tolakannya cukup lambat. 

"Pas latihan awal-awal stuck terus lemparannya nggak nambah. Terus tiba-tiba ada video FYP soal perhitungan fisika untuk basket. Nah, saya coba hitung juga dong. Eh coba lempar lagi personal best (PB) saya naik. Kalau dipikir-pikir lucu juga sih. Tapi nggak yang saya jadikan acuan banget juga," kata Brian, panggilannya. 

Baca Juga: Tolak Peluru: Pengertian, Sejarah, Teknik, Aturan dan Manfaat

Brian melakoni itu semua karena latar belakang pendidikannya sebagai siswa SMA jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Yang juga mendalami ilmu tentang fisika. "Soalnya di Hukum Newton juga ada perhitungan massa benda, gaya berat dan pengaruh gravitasi buminya," terang Brian.

Apalagi, Brian memiliki target untuk capai PB baru di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Ia bahkan latihan secara rutin setiap harinya. "Setelah kelar enam regional qualifiers kemarin yang terlintas di pikiran saya hanya bagaimana caranya hasil PB bisa naik melesat jauh," tutur Brian. 

Nantinya, Brian akan bertemu dengan 288 juara regional qualifiers lainnya dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Khususnya student athlete yang masih menduduki posisi teratas klasemen tolak peluru putra. "Ada beberapa juara dari daerah lain yang mungkin jadi lawan berat. Tapi saya justru semangat berlatih dan nggak membuat diri saya takut," terangnya. 

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Brian berharap Kota Solo akan bersahabat dengan dirinya saat National Championship berlangsung. Mulai dari cuaca yang baik. Penginapan yang nyaman. Fisik yang prima. Pun lapangan yang mendukung. "Semoga bisa naik podium dan pecah rekor," lanjut Brian. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES