Satu tujuan. Tim relays putra SMAN 39 Jakarta adalah jawara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta-Banten Qualifiers. Berkat itu pula mereka berhak berangkat ke Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship di Solo mendatang.

Bakal datang dengan status sebagai kampiun qualifiers Jakarta Banten, ternyata teman-teman SMAN 39 Jakarta mengalami lika-liku untuk mempersiapkan diri jelang babak National Championship.

Yup, latihan mereka untuk mempersiapkan diri di babak National Championship sempat mengalami beberapa batu sandungan. Utamanya urusan akademik di sekolah.

Baca juga: Penguatan Otot Jadi Fokus Skuad SMA Giovanni Kupang Jelang National Championship

“Kebetulan kita berempat itu kelas tiga SMA (Sekolah Menengah Atas). Persiapan kita sempat bentrok sama ujian praktik. Sempat kurang maksimal lah, tapi tetap kita bakal kasih yang terbaik waktu di Solo nanti,” ujar I Made Puja Rama, salah satu kontestan dari SMAN 39 Jakarta.

Meskipun mendapati kendala, karena mereka juga dituntut untuk menyeimbangkan neraca akademik dan nonakademik.

Ternyata tim relays SMAN 39 Jakarta sudah saling menguatkan dan menyatukan misi sebelum berangkat ke Solo.

Baca juga: Si "Paling Fisika", Briandra Coba Latihan Tolak Peluru Pakai Hukum Newton

“Kita itu ada kayak ngobrol satu sama lain gitu. Saling kasih semangat lah. Sama waktu itu kita sudah satu pemahaman kalau bakal kasih hasil maksimal di Solo nanti,” ungkapnya.

Ketika ditanya perihal bakal bertemu dengan para pelari dari qualifiers lain, I Made Puja Rama mengaku sudah tidak sabar untuk segera menyapa di lintasan. “Senang banget sih. Apalagi kan kalau lihat hasil mereka (jawara dan finalis qualifiers lain) bagus-bagus juga. Penasaran lah. Jadi ingin cepet-cepet berangkat ke Solo. See you in Solo ya,” tandasnya.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES