Warung Mbok Marni (warungmbokmarni.com)

Jalan-jalan ke Solo belum lengkap rasanya kalau tidak dibarengi  dengan kulineran. Buat kamu yang masukin Taman dan Stadion Sriwedari sebagai salah satu tujuan berwisatamu, jangan lupa untuk mencoba beragam kuliner di dekat lokasi tersebut. Apalagi, beberapa kuliner yang terletak di dekat Taman dan Stadion Sriwedari punya ciri khas dan jarang ditemui di tempat lain. 

Berikut adalah beberapa kuliner mantap dekat Taman dan Stadion Sriwedari Solo:

1. Gallery Dimsum, Serengan

Gallery Dimsum merupakan salah satu lokasi makan terdekat dari Taman dan Stadion Sriwedari. Tempat makan ini menjual aneka macam dimsum, mulai dari Wonton, Hakau, Kuo Tie, Xiao Long dan masih banyak lagi. Buat kamu yang suka dengan beragam makanan kukusan dengan aneka olahan tepung dan seafood, Gallery Dimsum cocok buat kamu. 

Gallery Dimsum terletak di Jalan Slamet Riyadi, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Mayoritas menu di Gallery Dimsum dibanderol dengan harga di bawah Rp 20.000 saja. 

2. Warung Bakmi Bu Jenggo, Laweyan

Warung Bakmi Bu Jenggo Laweyan merupakan salah satu rumah makan yang dekat dengan Taman dan Stadion Sriwedari. Warung ini menjual aneka olahan nasi dan bakmi. Beberapa menu andalan Warung Bakmi Bu Jenggo adalah Bakmi Goreng, Cap Jae Goreng, Bihun Goreng, Mie Campur, Nasi Goreng dan masih banyak lagi. 

Warung Bakmi Bu Jenggo terletak bersebelahan dengan Masjid An-Nuur Rusunawa Begalon 1 Panularan. Harga makanan di tempat makanan ini berkisar antara Rp 5.000-Rp 12.000

3. RM Adem Ayem

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan kuliner tradisional khas Yogyakarta dan Jawa Tengah, kamu bisa mampir ke RM Adem Ayem. Lokasinya hanya berjarak 400 meter dari Taman dan Stadion Sriwedari. Rumah makan ini bahkan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Tepatnya di Jalan Slamet Riyadi No. 342, Laweyan. 

RM Adem Ayem menjual makanan khas seperti Ayam Kremes, Gudeg hingga Selat Solo. Meskipun nama RM Adem Ayem cukup terkenal di kalangan pecinta kuliner, harga makanan di sini dibanderol mulai Rp 10.000 saja. 

4. Warung Mbok Marni

Warung Mbak Marni cukup mentereng di kalangan pecinta ayam goreng Kota Solo. Rumah makan ini menyediakan berbagai macam olahan ayam goreng. Mulai dari ayam goreng kampung hingga ayam goreng dengan campuran telur asin hingga ayam goreng kremes. 

Buat kamu yang ingin mencoba menu makanan non ayam goreng, Mbok Marni juga menyediakan olahan ikan dan daging. Seperti misalnya, Nila Bakar, Nila Goreng, hingga Iga Bakar. Semua makanan di Warung Mbok Marni dibanderol dengan harga mulai Rp 6.000 saja. 

Warung Mbok Marni terletak di Jalan Slamet Riyadi. Dan untuk menjangkau lokasi ini, hanya perlu memakan waktu lima menit saja dari Taman dan Stadion Sriwedari. 

5. Gudeg Koyor Mercon Sumringah

Gudeg Koyor Mercon adalah spesialisnya gudeg di Solo! Buat kamu yang lagi berwisata di daerah Taman dan Stadion Sriwedari, kamu bisa langsung sekalian cobain olahan gudeg khas Gudeg Koyor Mercon Sumringah. Beberapa menu andalannya adalah Nasi Gudeg Spesial, Nasi Gudeg Tepong dan Nasi Gudeg Koyor. 

Untuk harganya, makanan di Gudeg Koyor Mercon Sumringah dibanderol mulai Rp 5.000-Rp 100.000. Tergantung porsi dan pilihan olahan. Gudeg Koyor Mercon Sumringah terletak di Jalan Kahuripan Banjarsari.

Baca Juga: Sejarah Stadion Sriwedari, Salah Satu Stadion Tertua di Indonesia

6. Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi adalah warung makan aneka olahan sate yang terkenal di Kota Solo. Terletak di Jalan Kebangkitan Nasional. Hanya 200 meter dari Stadion Sriwedari. Di sini kamu bisa mencicipi sate kere dengan beragam lauk lainnya. Untuk sate kere yang dijual, kamu hanya cukup merogoh kocek Rp 15.000 saja per porsinya. 

7. Tengkleng Rica Pak Manto

Kalau yang satu ini, beberapa kalian pasti sudah tahu. Bicara soal olahan kambing nggak lengkap rasanya tanpa mention Tengkleng Rica Pak Manto. Rajanya olahan kambing di Solo. Bahkan, Tengkleng Rica Pak Manto sudah melegenda selama 33 tahun lamanya. 

Tengkleng Rica Pak Manto didirikan oleh Sumanto (almarhum) yang namanya kini diadaptasi menjadi rumah makannya. 

Tengkleng Rica Pak Manto menjual sate kambing, rica-rica kambing hingga olahan kambing goreng. Untuk harganya, olahan menu di Tengkleng Rica Pak Manto dibanderol mulai Rp 50.000 saja dan bisa dinikmati oleh dua orang. (*)

  RELATED ARTICLES