Mental. Runner up nomor lomba relays 4x100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers mengaku mempersiapkan mentalitas bertanding menjadi kunci utama mereka untuk berangkat menuju Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Yup, tim estafet asal SMAN 91 Jakarta tersebut sudah punya segudang persiapan untuk mendulang hasil terbaik ketika berada di lintasan lari stadion Sriwedari, Solo. “Latihan kita sudah 90 persen sih. Sudah siap semua, tinggal latihan Teknik buat estafet saja,” ungkap Ega Rafi, salah satu kontingen asal SMAN 91 Jakarta.

Baca juga: Aktif di Balap Motor, Calvin Rutin Latihan Atletik Jelang National Championship

Menurutnya mentalitas bertanding begitu penting dimiliki oleh setiap pelari yang bakal terjun di National Championship. “Mental itu penting banget sih. Soalnya kan saingannya juga yang terbaik di setiap qualifiers. Jadi kita juga harus punya mental yang kuat untuk lomba,” ungkapnya.

Ega Rafi dan kolega juga punya misi rahasia. Sebuah misi besar yaitu membawa pulang medali juara ke sekolah tercinta. “Kita datang ke Solo gak mau cuman sebagai peserta aja. Tapi kita mau bersaing juga. Biar bisa mendapatkan hasil terbaik untuk nama sekolah sama DKI Jakarta,” terangnya.

Baca juga: Aktif di Kempo, Derlin D. Nenobais Optimis Hadapi National Championship

Ketika ditanya perihal bakal bertemu dengan para jawara dan finalis dari qualifiers lain, teman-teman relays asal SMAN 91 Jakarta mengaku senang dan menaruh perhatian pada salah satu sekolah.

“Tentu excited sih soalnya ketemu sama teman-teman yang lain. Mereka juga catatan waktunya bagus-bagus. Ada juga yang sempat pecah rekor kan. Bakal seru lah intinya,” tandasnya.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES