Derlin di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra

Third place nomor tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers, Derlin D. Nenobais, rupanya juga berbakat dalam bela diri. Derlin yang telah lama mendalami kempo kini fokus berlatih atletik. Tentunya sebagai persiapan untuk National Championship.

Siswi SMAN 3 Kupang ini menempati posisi ketiga podium tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers dengan catatan jarak 5,59 meter. Capaian ini mengantarkannya pada National Championship. Derlin mengaku tak menyangka bisa naik podium.

“Saya tak menyangka bisa menang karena lawan saya saat itu besar-besar dan tinggi-tinggi. Semoga nanti di National Championship saya bisa jadi juara untuk membanggakan orang tua, sekolah, dan tentunya saya sendiri,” ungkap Derlin saat diwawancara.

Derlin sendiri masih baru di bidang atletik. Olahraga yang telah lama ia tekuni adalah kempo. Ia menekuninya sejak SD. Bahkan pernah mengikuti POPDA. Namun, jelang National Championship, ia mengalokasikan mayoritas waktunya untuk atletik.

“Kebetulan untuk sekarang, libur kempo dulu. Fokus latihan tolak peluru. Latihan fisik, pagi dan sore. Saya work out juga untuk meningkatkan kebugaran,” lanjut Derlin. Yang khas dari menu latihan Derlin adalah latihan tarik air sumur. “Saya setiap hari latihan fisik dengan menarik air sumur tetangga. Melatih kekuatan,” pungkasnya.

Baca juga: Wakil SMA Giovanni Kupang Juara Tolak Peluru Baru Bali Nusra Qualifiers 2023

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Derlin akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES