Calvin di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra

Third place nomor tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra, Calvin C. Saputra, tak hanya berbakat di atletik. Calvin ternyata aktif di olahraga balap motor. Ia sendiri tak menyangka bisa berdiri di podium tolak peluru SAC Indonesia.

Calvin memegang gelar third place dengan catatan jarak 8,66 meter. Raihan ini mengamankan satu tiket menuju National Championship. Siswa SMAN 5 Kupang ini mengaku sangat senang dapat bersaing dalam bidang atletik di skala nasional. “Saya tidak menyangka bahwa bisa sejauh ini karena saya tidak punya pengalaman di tolak peluru,” ungkap Calvin saat diwawancara.

Calvin memiliki banyak pengalaman di olahraga balap motor. Ia sering mengikuti event balap motor. Bahkan hingga tingkat Kejurda. Sebelum mengikuti National Championship, ia masih menyempatkan waktu mengikuti sebuah event terbatas. Namun, Calvin tetap mengatur waktu agar rutin latihan atletik.

Baca Juga: 48 Delegasi Bali Nusra Qualifiers Siap Bersaing di National Championship!

Jelang National Championship, ia berlatih tiga kali seminggu. Dua jam per latihan. “Setiap sore saya joging dan push up untuk melatih kekuatan tangan dan ritme nafas. Tetap bisa mengatur waktu karena kalau untuk balapan tidak perlu terlalu banyak latihan intens. Jadi bisa fokus ke atletik,” lanjut Calvin.

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Calvin akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 29 ribu peserta dari 2.300 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES