Sosok Nadila Putri Suryana saat bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship

SMAN 1 Beber punya salah satu wakil yang patut diperhitungkan. Ia adalah Nadila Putri Suryana. Pemegang gelar 3rd place lompat jauh putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Nadila berhasil menembus babak final lompat jauh putri dengan perolehan lompatan sejauh 4,34 meter. 

Dengan pencapaiannya itu, Nadila berhasil melaju ke babak National Championship. Yang rencananya akan diselenggarakan pada 18-20 Januari 2024 di Solo, Jawa Tengah. Ia nantinya akan bersaing dengan para Juara regional qualifiers yang lain. Meskipun begitu, rupanya, Nadila sempat ragu mengikuti kejuaraan SAC Indonesia. 

"Ragu karena saya takut kalah. Apalagi ini pertama kalinya. Tetapi karena ada dukungan dari orang tua dan pelatih yang meyakinkan saya untuk bisa jadi juara saya jadi berani untuk ikut SAC, saya sangat bahagia dan bersyukur bisa lolos ke SAC, National Championship," kata Nadila. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia, Nadila berlatih intens lebih dari dua minggu. Bahkan pagi dan sore. Nadila juga rela meninggalkan jam pelajaran di sekolah untuk mendapatkan pelatihan teknik. "Untung saja pihak sekolah mengizinkan latihan tambahan. Jadi ada surat dispensasi dari sekolah," terang Nadila. 

Baca Juga: Apa Itu Babak National Championship di SAC Indonesia?

Nadila berharap, dengan usaha kerasanya selama ini, ia bisa untuk meraih juara di Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Dan dapat menampilkan yang terbaik di babak puncak nanti. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES