Skuad SMAN 4 Kisaran di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Menjadi siswa tahun akhir di SMA tak jadi alasan untuk tak maksimal berlatih. Skuad estafet putra SMAN 4 Kisaran memperketat manajemen waktu untuk persiapan menuju National Championship. Tim yang terdiri dari Nicko Arya Finanda, Habib Ramadhan Syafira, Palentino Rossi Situmorang, dan Fikri Firmansyah ini tetap konsisten berlatih.

Tim SMAN 4 Kisaran ini menempati posisi kedua podium nomor 4x100 meter putra pada Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Mereka mencatatkan waktu 46,44 detik. Catatan ini mengantarkan mereka ke National Championship.

“Alhamdulillah, sangat bangga atas perjuangan kami yang tidak sia-sia berlatih untuk SAC Indonesia,” ujar Nicko saat diwawancara. Kini mereka melanjutkan konsistensi latihan untuk berperforma maksimal di National Championship. Bukan tanpa tantangan. Tanggung jawab akademis sebagai siswa kelas 12 SMA tetap tidak boleh ditinggalkan.

“Kami harus fokus latihan, tapi tidak boleh melupakan belajar juga. Kadang jadwal latihan kami bertabrakan dengan kegiatan lain jadi kami harus benar-benar jeli mencari waktu untuk berlatih,” ungkap Habib. Tantangan mengatur waktu ini berhasil mereka siasati dengan membuat grup latihan pagi.

“Selain latihan secara tim, kami juga latihan individu. Kami latihan setiap pagi. Kami punya grup sendiri untuk absen kalau kami sudah melakukan latihan pagi,” kata Palentino. Mereka melakukan serangkaian latihan. Mulai dari latihan fisik hingga latihan beban. Mereka juga melatih aspek kekompakan dan kecepatan agar berperforma maksimal di National Championship.

Baca juga: Kepala SMAN 4 Kisaran Apresiasi Penyelenggaraan SAC Indonesia

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya tim Nicko akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia menjaring pelajar berpotensi dari enam Regional Qualifiers yaitu Sumatera, West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra, dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar paling terbesar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora.

  RELATED ARTICLES