Nanda di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Ananda Fitra terus berlari mengejar mimpinya menjadi Champion SAC. Berbagai halangan saat berlatih tak menyurutkan semangatnya untuk meraih gelar juara. Pemenang nomor 1000 meter Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers ini punya ambisi besar untuk National Championship.

Siswa yang akrab disapa Nanda ini mengharumkan nama SMAN 1 Kabanjahe pada Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Nomor lari jarak menengah berhasil ia tuntaskan dengan catatan waktu 2 menit 49,76 detik. Raihan ini membawanya ke National Championship.

“Bersyukur banget bisa menang karena sempat tidak punya pelatih. Untuk National Championship, Nanda minta program latihan ke senior Nanda yang di luar kota. Namun, lapangan untuk latihan masih tak memadai,” ungkapnya saat diwawancara.

Nanda sendiri tinggal di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jaraknya 76 Km dari Medan. Di daerahnya, tidak ada latihan yang memadai untuk berlatih lari jarak menengah. Nanda harus siap dengan suasana latihan yang tak selalu mulus.

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

“Larinya tetap di trek. Hanya saja treknya itu beton, bukan tartan. Saya juga harus latihan lari di lapangan kotak kak dan sering bertabrakan dengan orang lain di satu lintasan,” kata Nanda yang juga mengharapkan dukungan dari pemerintah untuk peningkatan fasilitas.

Meski harus menjalani latihan yang tak mudah, Nanda berambisi menjadi Champion SAC. Pendorong terkuatnya adalah cita-cita menjadi seorang tentara. “Saya ingin sekali jadi tentara lewat jalur prestasi. Makanya hambatan apa pun bukan penghalang untuk menjadi juara,” katanya.

Nanda juga mendapatkan dukungan dari orang terdekat. Sang pelatih yang kerap disapa dengan sebutan Coach Dandi dan Coach Rustam memberikannya sepasang sepatu. Sekolah memberinya dispensasi agar dapat lebih banyak berlatih.

Baca juga: Dapat Nilai Tinggi di Sekolah Antar M. Ananda Fitra Berprestasi dengan Atletik

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Nanda akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia menjaring pelajar berpotensi dari enam Regional Qualifiers yaitu Sumatera, West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra, dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar paling terbesar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora.

  RELATED ARTICLES