Deka di Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers

Muhammad Deka Pratama akui Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship kali ini lebih “menyeramkan” dibanding tahun lalu. Juara nomor 100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers ini melakukan persiapan umum dan khusus untuk menghadapi pesaingnya yang tak kalah mumpuni.

Siswa SMK Jambi ini menjuarai nomor lari jarak pendek Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers dengan catatan waktu 11,384 detik. Raihannya memang membanggakan. Namun, Deka tak bersantai. Ia menyadari ada banyak wakil regional qualifiers lain yang juga berbakat.

“Tahun ini lebih deg-degan pastinya. Apalagi melihat yang best record tuh dari Jawa Timur. Makanya perlu latihan keras biar naik level terus,” ungkap Deka saat dihubungi oleh tim SAC Indonesia. Ia membeberkan bahwa persiapannya dimulai tepat setelah Sumatera Qualifiers usai.

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

“Sekarang sudah masuk tahap prakompetisi. Latihan di trek, gym, bahkan di rumah juga. Persiapan umum seperti latihan endurance, main beban, main tangga poliometry, semuanya dilakukan. Teknik juga semakin dibenerin. Semua intensitas latihan ditingkatkan,” katanya.

Meskipun melakukan banyak persiapan fisik, Deka juga menyadari pentingnya kesiapan mental. Ia mengakui di National Qualifiers musim lalu, mentalnya sempat sedikit terguncang akibat terlalu fokus dengan performa lawan. “Penting untuk percaya dengan kualitas diri. Jangan pandang siapa lawannya. Percaya saja sama apa yang sudah kita kerjakan,” ujar Deka.

Deka juga mendapat dukungan dari orang terdekat yang menguatkan mental kompetisinya. Sang ibu sering memberinya nasihat dan agar selalu fokus pada kemampuan diri sendiri. “Mama menyempatkan melihat Deka latihan. Sering kasih nasihat, motivator banget deh orang tua Deka. Kalau mau balas kekalahan kemarin, harus berusaha keras dan juga sholatnya jangan ditinggal,” pungkasnya.

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 Januari mendatang. Nantinya Deka akan bertemu dengan para regional qualifiers dari berbagai daerah untuk merebut posisi juara.

Energen Champion SAC Indonesia menjaring pelajar berpotensi dari enam Regional Qualifiers yaitu Sumatera, West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra, dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar paling terbesar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora.

  RELATED ARTICLES